Kosuke Hagino (Jepang) Olahragawan Terbaik Asian Games

Kosuke Hagino (Jepang) Olahragawan Terbaik Asian Games

Kosuke Hagino (Foto: Net)

Incheon - Setelah rentetan pertandingan usai, panitia biasanya memilih atlet terbaik diantara cabang olahraga yang dipertandingkan. Ajang Asian Games ke 17 di Korea Selatan itu tak luput pula memilih atlet terbaiknya. 

Melalui jasa wartawan peliput Asian Games, akhirnya perenang asal Jepang, Kosuke Hagino, mendapat predikat sebagai olahragawan terbaik dalam ajang Asian Games ke-17 di Incheon, Korea Selatan.

Hagino dipilih diantara delapan nomine yang masuk dalam daftar, Hagino tampil menonjol dengan mempersembahkan tujuh medali untuk Jepang, termasuk empat medali emas.

Mahasiswa berusia 20 tahun itu memenangi nomor 200 meter dan 400 meter medley individu, 200 meter gaya bebas, dan 4x200 meter gaya bebas estafet.

Dia juga muncul sebagai peraih medali perak dalam nomor 400 meter gaya bebas. Dua medali perunggu didapatnya setelah tampil pada urutan ketiga pada nomor 100 meter dan 200 meter gaya punggung.

“Saya merasa terhormat atas penghargaan ini. Sebelumnya, pada awal Asian Games, saya tidak terpikir mendapat penghargaan ini,” kata Hagino sebagaimana dikutip kantor berita Reuters.

Hagino merupakan perenang ketiga setelah Kosuke Kitajima (1998) dan Park Tae-hwan (2006) yang meraih predikat tersebut sepanjang perhelatan Asian Games.

“Saya tahu tidak banyak kesempatan bagi saya untuk bisa bersaing dengan atlet-atlet hebat, seperti Sun Yang dan Park Tae-hwan sehingga saya tidak membuang kesempatan dengan menyerah pada kegugupan. Pengalaman yang menarik dan berharga bagi saya,” ujar Hagino.

Pria yang mengidolakan Michael Phelps itu mengaku meniru bobot latihan perenang asal Amerika Serikat tersebut.

Kini, Hagino  berencana untuk tampil prima pada Olimpiade 2016 di Rio de Janeiro, Brasil. “Saya percaya diri bisa meningkatkan kemampuan renang saya ketika Olimpiade nanti,” kata Hagino.

Hingga menjelang penutupan Asian Games di Incheon, Jepang berada pada peringkat ketiga dengan mengumpulkan 47 medali emas, 76 medali perak, serta 77 medali perunggu. Tuan rumah Korsel menempati posisi runner up dengan mengoleksi 79 medali emas, 71 medali perak, dan 84 medali perunggu. Posisi pamungkas tetap diduduki Cina yang mendulang 151 medali emas, 108 medali perak, dan 83 medali perunggu. (Ode)**

.

Categories:Olahraga,
Tags:olahraga,