Tarakan Kalimantan Diguncang Gempa 5,7 SR

Tarakan Kalimantan Diguncang Gempa 5,7 SR

Ilustrasi.(Foto:Net)

Jakarta - Gempa 5.7 Skala Richter mengguncang Kota Tarakan, Kalimantan Utara sekitar pukul 08.31 WIB. Pusat gempat berada di 413 kilometer timur laut Kota Tarakan di kedalaman 10 kilometer.
BMKG melaporkan, geteran gempa juga tidak dirasakan oleh warga di provinsi itu. Lantas, apa sebenarnya penyebab gempa terjadi? Padahal Kalimantan selama ini dikenal sebagai daerah yang aman dari gempa.
Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, menjelaskan, gempa pagi tadi disebabkan aktivitas sesar berarah barat daya-timur laut antara Pulau Kalimantan dan Filipina.
 
"Selama ini kita tahunya Kalimantan daerah aman dari gempa. Namun mengapa juga terjadi gempa? Masyarakat Kalimantan beberapa kali merasakan gempa. Pada 20 Januari 2015, gempa 5,6 SR pada kedalaman 10 km di 289 km Timur Laut Kota Tarakan," ujar Sutopo di Jakarta, Rabu (25/2).
Berdasarkan peta zonasi gempa, lanjutnya wilayah di Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara, termasuk dalam peta rawan gempa rendah. Ancaman gempa dari megathrust Sulawesi Utara atau Sesar Palu Koro dapat berpengaruh di Kalimantan bagian timur.
Gempa di daratan Kalimantan juga disebabkan gempa intraplate, yaitu gempa yang terjadi di dalam lempeng itu sendiri, yakni di lempeng Eurasia. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:bencana,