Kenaikan Beras 20 Persen Masih Wajar

Kenaikan Beras 20 Persen Masih Wajar

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, Kota Bandung, Eli Wasliah. (Foto : ADE)

Bandung – Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Bandung, Eli Wasliah menilai OP (Operasi Pasar) sudah harus di gelar karena kenaikan harga beras di Kota Bandung sudah mencapai 20 persen. Namun dari pantauan pihaknya kenaikan sebesar 20 persen itu dikarenakan stock beras dipasaran sedang sedikit akibat banyak daerah yang belum panen.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, Eli Wasliah menerangkan, kenaikan sebesar 20 persen masih terbilang wajar asalkan tidak ada ulah dari spekulan yang sengaja menimbun beras.

“Dari pantau kami di lapangan, di Kota Bandung masih aman dari ulah para mafia atau spekulan beras. Namun kegiatan Operasi Pasar ini perlu dilakukan karena kenaikan sudah mencapai 20 persen, dan tujuannya juga untuk menstabilkan harga dipasaran,” terang Eli Wasliah disela acara Operasi Pasar beras murah di kantor Kecamatan Ujung Berung, Jl. Cigending, Kota Bandung, Rabu (25/02/2015).

20 persen kenaikan harga beras umumnya mempengaruhi harga beras perkilogramnya, beras saat ini mengalami kenaikan rata-rata sebesar Rp.1.000,-/Kg.

“Beras kelas premium kini harganya sudah melambung mencapai Rp. 13.000,-/Kg hingga Rp. 15.000,-/Kg, sedangkan untuk beras yang medium dari Rp. 10.000,-/Kg hingga Rp. 12.000,-/Kg. Namun di OP kali ini kelas beras medium kita hanya jual Rp. 7.400,-/Kg,” seru Eli.(Ode)**

.

Categories:Ekonomi,
Tags:ekonomi,