Jokowi Tingkatkan Kesejahteraan Nelayan

Jokowi Tingkatkan Kesejahteraan Nelayan

Ilustrasi.(Foto:Net)

Bandung – Untuk mengembangkan negara Indonesia menjadi negara maritim yang besar dan ditakuti berbagai cara perlu dilakukan, salah satunya dengan mensejahterakan para nelayan seperti janji Presiden Jokowi pada saat kampanye dulu.

 

Menurut Pakar Kelautan dari Institut Teknologi Bandung, Harman Ajiwibowo Ph.D, Indonesia perlu meningkatkan kesejahteraan para nelayannya mengingkat nelayan di Indonesia terbilang masih banyak yang miskin.

 

“Presiden Jokowi harus membuktikan janjinya dengan mensejahterakan nelayan melalu berbagai program seperti meningkatkan harga ikan dan membatasi import ikan di Indonesia. Jika hal ini dilakukan maka secara otomatis peningkatan ekonomi para nelayan bisa terus meningkat,” cetus Harman Ajiwibowo Ph.D saat ditemui di kantor Rektorat ITB, Jl. Taman Sari, Kota Bandung, Kamis (26/02/2015).

 

Harman Ajiwibowo menegaskan, berbagai kebijakan untuk nelayan perlu diberikan pemerintah guna mendukung kesejahteraan para nelayan dan majunya industri kelautan dan perikanan di Indonesia.

 

“Kebijakan harga BBM khusus bagi nelayan perlu dilakukan, begitu juga dengan memberikan bantuan kapal bagi para nelayan untuk mempermudah mereka mencari ikan. Kapal nelayan saat ini masih banyak yang menggunakan kapal sederhana, dan perlu di bantu dengan kapal yang lebih modern,” tegasnya.

 

Jika SDM berkualitas bisa mengelola hasil laut Indonesia yang luas, kesejahteraan masyarakat di sisi pantai dan pesisir pun bisa ikut meningkat, ITB melalui program studi tehnik kelautan berupaya untuk lebih peduli dengan keberadaan laut melalui kegiatan kuliah lapangan di beberapa perkampungan nelayan di pulau Jawa.(Ode)**

.

Categories:Ekonomi,
Tags:ekonomi,