Penelitian Limbah Ikan Bisa Jadi Tepung Ikan

Penelitian Limbah Ikan Bisa Jadi Tepung Ikan

Anwar dari Dinas Perikanan dan Peternakan Garut. (Foto : ADE)

Bandung – Memanfaatkan limbah ikan mati yang sering ada di pesisir pantai Pamengpeuk, Kabupaten Garut, Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Garut berencana akan mengembangkan produk tepung ikan yang bisa dimanfaatkan sebagai bahan baku untuk membuat berbagai kuliner yang berasal dari ikan laut.

 

Menurut peneliti dari divisi pengolahan Dinas Perikanan dan Peternakan Kab. Garut, Anwar. MT, daerah Garut selatan kaya akan hasil laut seperti ikan, namun jika sedang ada cuaca buruk atau air pasang, sering ditemukan di bibir pantai ribuan ikan mati mendadak, akibat saking banyaknya bangkai ikan kadang daerah pantai menjadi bau.

 

“Di musim-musim tertentu terkadang banyak bangkai ikan mati di sekitar pantai, untuk memanfaatkan agar limbah ikan itu bisa di olah menjadi bahan baku tepung ikan, kita sedang melakukan beberapa penelitian. Dinas Perikanan di Kab. Garut sedang bekerjasama dengan beberapa kampus seperti ITB dan IPB untuk melakukan riset dalam pengolahan limbah ikan menjadi tepung ikan,” ucap Anwar saat ditemui di kampus ITB, Jl. Tamansari, Kota Bandung, Kamis (26/02/2015).   

 

Anwar menambahkan, limbah ikan yang di olah menjadi tepung ikan sangat berguna bagi industri kuliner berbahan baku ikan.

 

“Adanya tepung itu akan lebih praktis dalam membuat batagor, baso tahu, pempek, krupuk, dan berbagai olahan ikan lainnya. Dengan tepung ikan ini produsen makanan tadi tinggal mencampur adonan lain, tanpa harus repot menggiling ikan sebagai bahan baku,” tambahnya.

 

Secara kehalalan bangkai ikan termasuk makanan yang halal dan boleh di makan seperti yang tercantum dalam Al-Quran bagi umat Islam. Jadi dengan adanya produk olahan tepung ikan ini semua industri makanan bisa memanfaatkan hasilnya.(Ode)** 

.

Categories:Infotech,
Tags:pendidikan,

terkait

    Tidak ada artikel terkait