Ngeri, Seni Potongan Organ Manusia

Ngeri, Seni Potongan Organ Manusia

Seni fiber bisa tiru berbagai bentuk benda dan anggota tubuh manusia.(Foto : ADE)

Bandung - Anda semua pasti akan meringis jika melihat potongan tangan, kaki, dan jari manusia bergelimpangan dijajakan di pinggir jalan. Kreatifitas dari seniman fiber Bandung mampu berkarya membuat berbagai imitasi tiruan bentuk tubuh manusia, hanya dari bahan baku fiber. Seniman fiber bernama Andi Fiber, sudah menggeluti seni ini sejak 23 tahun lebih. Berawal dari seni patung akhirnya dia merambah ke seni fiber.


Menurut Andi Fiber, seni fiber masih jarang perkembangannya di masyarakat. Di Bandung saja paling ada beberapa orang penggiat seni ini.

”Seniman yang menekuni seni fiber masih dikit, kebanyakan orang lebih mengembangkan ke seni patung. Padahal, seni fiber secara tehnis tidak sulit dan ribet, hanya butuh ketekunan saja,” cerita Andi di sebuah pameran di Kota Bandung belum lama ini.

Andi mampu membuat produk seni fiber hanya kurun waktu 1 jam kurang untuk ukuran sedang. Tiruan potongan tangan saja bisa ia kerjakan di tempat dalam waktu kurang lebih dari 30 menit.

”Pertama fiber di cetak ke tangan atau bentuk tubuh lainnya. Diamkan selama 10 menit lebih hingga fiber benar-benar kering, baru setelah itu lepaskan cetakan, dan mulai merapikan dan memahatnya agar mirip benda aslinya. Lalu sudah itu diwarnai dengan cat seperti kulit manusia. Prosesnya cukup cepat, kalau bikin bentuk tubuh manusia baru butuh beberapa hari," cetus seniman asal Kopo ini.

Selain organ tubuh manusia, dia juga suka membuat berbagai karya seni bentuk lauk pauk seperti ikan, sayuran, aneka kue, dan tempe & tahu. ”Semua jenis benda bisa kita tiru dengan proses mencetak, cetakan yang bagus kemiripannya bisa mencapai 100 persen," paparnya.

Karya buatan Andi dihargai dari Rp 25.000 hingga jutaan rupiah.Untuk pemasaran dia juga melakukan bisnis secara online, bahkan setiap Minggu pasokan produk Andi Fiber  dipamerkan di galeri seni di Bali. (Jr.)**

.

Categories:Unik,