Tim F1 Lotus Kontrak Pembalap Wanita Spanyol

Tim F1 Lotus Kontrak Pembalap Wanita Spanyol

Carmen Jorda.

Madrid - Menghadapi musim Formula 1 (F1) 2015, Lotus melakukan hal tak lazim. Yakni mengontrak pembalap wanita asal Spanyol, Carmen Jorda yang bakal bertugas menguji coba dan mengembangkan mobil E23 Hybrid yang bakal digunakan di F1 2015.

Jorda, putri mantan pembalap asal Spanyol, Jose Miguel Jorda telah lebih dari satu dekade meniti karier sebagai pembalap profesional. Pada tiga tahun terakhir, pembalap pirang berusia 26 tahun itu ambil bagian di ajang GP3 Series, bersama tiga tim berbeda.
Bersama Lotus, pembalap kelahiran Alcoy, Spanyol, tersebut akan menggunakan program simulator, untuk mengembangkan mobil E23 Hybrid. Apa yang bakal dilakukannya bakal menjadi hal penting bagi dua pembalap Lotus di F1 2015, Romain Grosjean dan Pastor Maldonado.

"Bergabung dengan Lotus F1 seperti mimpi. Saya sudah membalap sejak berusia 10 tahun, dan mengendarai mobil Formula 1 adalah mimpi saya sejak masih sangat muda," kata Jorda, sebagaimana dilansir Dailymail, Jumat (27/2/2015).

"Ini merupakan langkah besar menuju tujuan utama saya (dalam karier sebagai pembalap). Saya akan meningkatkan kemampuan sebagai pembalap, sambil membantu tim mengembangkan mobil, dengan menguji coba lewat simulator. Ini kesempatan fantastis," sambungnya.

Adapun Jorda merupakan pembalap wanita kedua yang akan ambil bagian sebagai penguji coba di F1 2015. Sebelumnya, istri bos Mercedes F1, Toto Wolff; Susie Wolff, mendapat kesempatan untuk menjadi pembalap penguji coba tim Williams di kompetisi yang sama. (Jr.)**
.

Categories:Autosport,
Tags:otomotif,