Penulis Blog Dibunuh di Dhaka

Penulis Blog Dibunuh di Dhaka

Avijit Roy saat berlibur bersama Istrinya.(Foto:facebook)

Bangladesh- Seorang penulis blog Bangladesh yang tinggal di Amerika Serikat dibacok sampai mati saat berkunjung ke Dhaka.
Avijit Roy datang ke ibukota Bangladesh itu bersama istrinya untuk mengunjungi sebuah festival buku.
Selama ini dia sudah menerima sejumlah ancaman pembunuhan karena tulisan-tulisannya yang mempromosikan pandangan-pandangan sekuler sehingga dikritik sebagai anti-Islam.
Polisi mengatakan sedang melakukan penyelidikan atas pembunuhan tersebut namun belum ada yang ditangkap.
 
Wartawan BBC, Naresh Kaushik, melaporkan jenazah Avijit Roy ditemukan Kamis (26/02/2015) malam sementara istrinya masih berada dalam kondisi kritis akibat serangan itu.
Media setempat menyebutkan keduanya sedang naik becak dalam perjalanan pulang dari festival buku ketika diserang dengan parang.
Avijit Roy merupakan pendiri blog Mukto-Mona yang artinya Pikiran Bebas dengan tulisan-tulisan mempromosikan pandangan sekuler di Bangladesh yang mayoritas penduduknya beragama Islam.
Insiden serupa terjadi pada 2013 lalu atas seorang penulis blog lain, Rajib Haider, yang dibunuh di dekat rumahnya di Dhaka terkait pandangannya yang menentang ekstrimisme agama.
Setahun kemudian, seorang dosen dan penulis terkenal di Universitas Dhaka, menderita luka berat karena diserang saat pulang dari festival buku yang sama yang dihadiri Avijit Roy.(Ode)**
.

Categories:Internasional,