Waduk Jatigede di Sumedang Siap Digenangi Juni

Waduk Jatigede di Sumedang Siap Digenangi Juni

ilustrasi. (Net)

Bandung  - Proyek pembangunan Waduk Jatigede, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat segera digenangi pada Juni 2015.

"Insyaallah semuanya lancar, Juni nanti sudah bisa digenangi," kata Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Andrinof A. Chaniago, seusai memberikan ceramah umum di Kampus IPDN Jatinangor Sumedang, Jumat (27/2).

Menurutnya, proyek raksasa Waduk Jatigede itu sudah selesai untuk selanjutnya dilakukan ekesekusi bagi orang terkena dampak pembangunan waduk tersebut.

Proyek di Kabupaten Sumedang itu sudah lama terkatung-katung, akibat belum selesainya persoalan dengan warga yang terkena dampak itu.  "Itu sudah final tinggal eksekusinya, artinya yang selama ini terkatung-katung ada masalah penyelesaian," katanya.

Ia mengatakan, penyelesaian masalah Waduk Jatigede itu bukan hanya dilakukan pemerintah pusat, tetapi Pemerintah Provinsi Jabar juga berupaya menyelesaikannya. "Gunernur Jawa Barat sangat bekerja keras dan juga rencana penempatan masyarakat," katanya.

Ia menegaskan, penggenangan Waduk Jatigeda yang sudah dibangun sejak puluhan tahun itu akan memberikan banyak manfaat bagi masyarakat.

Manfaat dari waduk tersebut, lanjutnya yakni membantu pengairan sawah, untuk pariwisata, pembangkit tenaga listrik, perikanan yang akan mendongkrak perekonomian masyarakat. "Ya jelas besar sekali (manfaat waduk) sebagai pengairan sawah, dan fungsi-fungsi lain," katanya. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:bandung,