Pipa PDAM Pecah, Ribuan Meter Kubik Air Bersih Terbuang Percuma

Pipa PDAM Pecah, Ribuan Meter Kubik Air Bersih Terbuang Percuma

Pipa PDAM Pecah, Ribuan Meter Kubik Air Bersih Terbuang Percuma. (Foto: ANTARA)

Bandung – Ribuan meter kubik air bersih yang berasal dari jaringan utama pipa milik Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtawening Kota Bandung, terbuang percuma dan menggenangi Jalan Wastukancana, menyusul pecahnya pipa tersebut, Minggu (05/10/2014).

Terbelahnya pipa dengan diameter cukup besar tersebut, diduga akibat terkena proyek galian drainase yang sedang dilakukan di kawasan tersebut. Sehingga sebagian kawasan Jalan Wastukancana terlihat bagaikan “sungai” di musim kemarau.

Pecahnya pipa PDAM tersebut tentunya sangat disayangkan warga Kota Bandung, mengingat saat ini sedang musim kemarau dan banyak warga yang sebenarnya membutuhkan air bersih. “Ini malah sebaliknya, semua terbuang percuma akibat terjadinya kelalaian pecahnya pipa milik PDAM,”  ujar Cepi (43), salah seorang warga setempat.

Hal serupa diungkapkan pula oleh Dedi (54), seorang warga lainnya. Menurutnya, peristiwa ini selain menyebabkan kerugian besar bagi PDAM, juga sangat ironis sekali terjadi di saat masyarakat banyak yang membutuhkan air bersih. Coba saja kalau air tersebut dibagi-bagikan ke masyarakat, tentu akan lebih sempurna daripada dibuang percuma,” ungkapnya sambil berseloroh.

Berdasarkan pantauan Cikalnews.com di lokasi kejadian, petugas PDAM Tirtawening tampak masih terus berupaya mengatasi pecahnya pipa milik PDAM Tirtawening tersebut. Diperkirakan upaya tersebut akan membutuhkan waktu cukup lama, sebab pipa yang pecah merupakan pipa utama (arteri).

Sejauh ini belum ada pernyataan resmi dari pihak-pihak terkait, khususnya PDAM Tirtawening Kota Bandung, menyusul kejadian yang sempat membuat heboh warga Kota Bandung ini. (AY)

.

Categories:Bandung,
Tags:bandung,