Deuh.... Asyiknya Jadi Onthelis

Deuh.... Asyiknya Jadi Onthelis

Anggota PSB selalu berkostum unik dan menarik. (Foto : Ade)

Bandung - Sepeda selain menyehatkan tubuh ternyata bisa membuat lingkungan menjadi lebih sehat dan bebas polusi. Itulah yang dilakukan komunitas sepeda baheula, atau lebih dikenal dengan PSB (Paguyuban Sepeda Baheula).

 

Selain merambah ke para pekerja kantoran, PSB juga mengembangkan gaungnya hingga ke sekolah atau kampus. Mereka banyak mengajak para murid dan anak kuliahan, untuk menggunakan sepeda guna menjaga lingkungan dan keramahan alam.

 

Contah, seorang mahasiswi Universitas Swasta ternama di Bandung, Yunita Sari yang ikut gabung PSB, karena tertarik dengan sejarah dan keklasikan sepeda onthel.

 

”Kostum yang digunakan saat konvoi bersepeda onthel terbilang sangat unik, ada yang pakai kostum jaman Belanda, jaman Jepang bahkan kostum ala pedesaan. Itulah yang melatarbelakangi saya ikut PSB. Selain dari segi kejadulannya,  gabung PSB juga banyak menambah ilmu karena bisa ketemu orang yang lebih tua dan berpengalaman,’’ cetus Yunita saat ditemui di sekitaran Museum Geologi, Kota Bandung belum lama ini.

 

Sebagai anggota PSB, Yunita mengakui dirinya menjadi lebih berkembang dan menjadi sosok yang supel. Masuk PSB bisa menjadi banyak teman dan enaknya bisa gaul dengan semua kalangan.

 

”Semua kalangan bisa kita temui di PSB. Mulai dari pelajar, mahasiswa, pegawai, purnawirawan, bahkan sampai bekas pejuang. Kostum mereka pun beragam dan unik-unik sewaktu acara kumpul atau konvoi,” aku Yunita.

 

Banyaknya mahasiswa yang tertarik ke sepeda Jadoel, diharapkan bisa memberi warna tersendiri bagi komunitas sepeda di Bandung. Akibat padatnya jadwal undangan ke PSB dari pihak pemerintah ataupun swasta, Yunita memilih untuk menjadi anggota yang tidak terlalu aktif demi menjaga aktifitas kuliahnya. (Jr.)**

 

.

Categories:Gaya hidup,
Tags:unik,

terkait

    Tidak ada artikel terkait