Naik Turun Harga BBM Kian Pusingkan Rakyat

Naik Turun Harga BBM Kian Pusingkan Rakyat

Naik Turun Harga BBM Kian Pusingkan Rakyat.

Jakarta - Penyesuaian harga bahan bakar minyak (BBM) setiap bulan memang sudah sesuai kesepakatan antara pemerintah dan DPR. Namun, kalau terlalu sering naik-turun, rakyat yang jadi pusing. Harga kebutuhan pokok dan transportasi bisa terombang ambing.

Jelas, setiap kenaikan pasti membuat shock. Karena sulit mengubah cara berpikir masyarakat yang sudah lama diberi harga BBM yang tetap,” kata peneliti LIPI, Latif Adam,  Minggu (1/3).

Untung saja di awal bulan ini kenaikannya hanya Rp 200 per liter. Kalau angka kenaikannya sampai Rp 1.000, masyarakat bisa kelimpungan. Harga barang-barang pokok bisa langsung melonjak. Padahal, harga-harga pasca kenaikan 18 November lalu saja belum normal.

Oleh karena itu, Latif meminta bisa melakukan sosialisasi yang lebih masif, agar masyarakat tidak bingung diguncang turun-naiknya harga BBM. Pemerintah juga harus menjaga agar kenaikan bensin tidak berdampak pada kebutuhan barang pokok dan ongkos angkutan umum.

seharusnya pemerintah harus membuat formulasi penghitungan kenaikan ini terhadap harga barang-barang pokok dan angkutan umum. Misalnya, di angka kenaikan BBM berapa persen harga barang dan ongkos angkutan umum boleh naik. Kalau BBM naik cuma Rp 200, ya tidak perlu naik,” tandasnya. (Jr.)**

.

Categories:Ekonomi,
Tags:bbm,