Harga "Si Melon" Rp 40 Ribu di Bulungan

Harga

Harga "Si Melon" Rp 40 Ribu di Bulungan.

Tanjung Selor - Masyarakat Kabupaten Bulungan, terutama mereka yang bermukim di wilayah Kecamatan Tanjung Palas, mengaku resah dan terbebani dengan harga elpiji (LPG) untuk tabung 3 kilogram yang mencapai Rp 40.000 per tabungnya.

Keresahan akan tingginya harga elpiji tersebut diutarakan Datuk Taqdir, warga Tanjung Palas, Senin (2/3/2015), usai membeli elpiji 3 kilogram di salah satu toko sembako yang berada di kecamatan tersebut.

"Tadi pagi beli LPG 3 kilo dapat harga Rp 40 ribu, ini ada penurunan dibanding minggu kemarin mencapai Rp 45 ribu per tabungnya," ucap Taqdir.

Kondisi tersebut terpaksa diterima oleh Datuk Taqdir dengan pasrah mengingat kebutuhan gas elpiji tersebut penting untuk keperluan dapur rumah tangganya.

"Mau bagaimana lagi kalau tidak dibeli otomatis dapur tidak berasap," lanjutnya.

"Dibanding membeli minyak tanah yang harganya 16 ribu per liter masih lebih hemat pakai elpiji bila dihitung-hitung jumlah pemakaiannya," jelasnya.

Dari pantauan Antara di beberapa toko sembako yang mendistrbusikan tabung elpiji 3 kg, salah satunya toko sembako milik Syafruddin Korro di Kelurahan Tanjung Palas Tengah mengatakan kenaikan ini akibat pasokan yang terbatas dibanding dengan tingkat kebutuhan dari masyarakat.

"Harga elpiji 3 kg yang saat ini saya jual diharga 40 ribu rupiah," ucapnya.

"Stoknya juga terbatas, kemarin dikirim cuma 10 tabung saja, biasanya sampai 30--40 tabung sekali kirim," jelasnya.

"Kalau minggu ini saya tidak kebagian pasokan elpiji dari Tanjung Selor, tapi yang saya dengar harganya makin naik," kata Sutikno, pemilik toko sembako di Desa Gunung Putih Tanjung Palas.

Kustaniah, ibu rumah tangga di Tanjung Palas berharap pemerintah lebih memperhatikan keadaan ini karena sangat berdampak pada kondisi ekonomi masyarakat.

"Padahal minggu lalu saya baca di koran, Bupati Bulungan bilang harga elpiji 3 kg di Tanjung Selor dan Tanjung Palas akan dijual dengan Harga Eceran Tertinggi (HET) Rp 16.500/tabungnya," ucapnya. (AY)

.

Categories:Ekonomi,
Tags:ekonomi,