PLTA Sumur Adem Beri Banyak Manfaat

PLTA Sumur Adem Beri Banyak Manfaat

Ilustrasi.(Foto:Net)

Bandung- Politisi asal Partai Gerindra Kardaya Warnika mengatakan keberadaan Pembangkit Listrik Tenaga Uap di wilayah Sumur Adem, Kabupaten Indramayu, Jabar, memberikan banyak manfaat salah satunya adalah memasok kebutuhan listrik masyarakat di Pulau Jawa, Madura dan Bali.

"Menurut saya keberadaan PLTU di wilayah Sumur adem itu sangat dibutuhkan. Listrik itu kebutuhan yang sangat vital bagi masyarakat saat ini," kata Kardaya Warnika, ketika dihubungi melalui telepon, Senin (2/3/2015).

Ia mengatakan, sistem pembangkit listrik di PLTU Sumur Adem tersebut sudah terintegras dan menggunakan bahan bakar batu bara dan itu milik PT PLN dengan kapasitas 1.000 megawatt lebih.

"Jadi PLTU ini merupakan pembangkit listrik yang lumayan besar. Bahkan pemerintah pusat berencana untuk membangun lagi pembangkit listrik di seluruh indonesia dengan kapasitas 35 ribu mega watt. Dimana sebagian besar itu masih untuk memasok wilayah Jawa. Makannya keberadaan PLTU di Indramayu masih sangat dibutuhkan," kata dia.

Menurut dia, dengan mudahnya mendapatkan pasokan listrik perekonomian masyarakat akan lebih maju dan masyarakat yang sejahtera akan memakan listrik yang lebih banyak.

"Saat seseorang memiliki uang banyak, itu akan menambah daya alir listrik. Seperti dia punya lemari es, televisi. Kalau rumahnya besar pasti tidak cukup punya tv dan lemari es satu. Listrik ini merupakan infrastruktur yang sangat dibutuhkan untuk kehidupan, untuk perekonomian dan industri," kata dia.

Sementara itu Supervisor Humas PLN Distribusi Jawa Barat Banten Agus Yuswanta, mengatakan bahwa manfaat dari PLTU SUmur Adem adalah semakin tangguhnya sistim kelistrikan Jawa Bali.

"PLTU ini berkapasitas 3 x 330 mega watt dan ini dibangun diatas lahan seluas 83 hektar di desa Sumur Adem, Sukrak, Indramayu ini merupakan merupakan bagian dari Fast Track Program 10.000 MW Tahap Satu (FTP-1)," katanya.

Dikatakan dia, PLTU Indramayu ini disalurkan melalui jaringan 150 Kilo Volt (kV) ke Gardu Induk Sukamandi dan Kosambi untuk selanjutnya akan didistribusikan melalui jaringan interkoneksi Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) 500 kV ke System Jawa Bali. (AY)

.

Categories:Bandung,
Tags:cimahi,