Harga Beras Tembus Rp 14 Ribu/Kg di Purwakarta

Harga Beras Tembus Rp 14 Ribu/Kg di Purwakarta

Harga Beras Tembus Rp 14 Ribu/Kg di Purwakarta.(Foto:ADeIndra)

Purwakarta - Harga komoditas beras di sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Purwakarta sudah menembus Rp 14 ribu per kilogramnya.

Kenaikan harga sudah terjadi sejak tiga bulan terakhir. Di Pasar Rebo misalnya, pedagang beras PD Jembar Dayat Sudaryat (55) mengatakan, harga beras sudah melebihi level puncak penjualan.

“Untuk beras kualitas super harganya tembus Rp 14 ribu per kilogram dari semula  Rp 12 ribu per kilogram," ujarnya.

Termasuk beras kualitas medium dan kualitas rendah, juga mengalami hal yang sama. "Selisihnya cuma Rp 2 ribu per kilogramnya," ujarnya.

Dengan kenaikan harga ini, ia menjelaskan banyak pelanggan yang komplain. Dampaknya, menjadikan penjualan mengalami penurunan. Namun demikian, penurunannya tidak terlalu signifikan.

“Biasanya, pelanggan membeli beras dengan kemasan karung. Sekarang, banyak yang beralih ke kemasan eceran. Itupun, pembeliannya tidak banyak,” imbuh dia.

Untuk eceran, ia menjelaskan harga termahal dengan kualitas tertinggi mencapai Rp 11 ribu per liter. Sedangkan, beras paling murah mencapai Rp 9.000 per liter.

"Padahal, bila harga normal beras kualitas premium ini paling mahal hanya Rp 8.000 per liter. Untuk kualitas jelek mencapai Rp 6.500 per liter," kata dia. (AY)

.

Categories:Ekonomi,
Tags:ekonomi,