Tujuh Gerilyawan Taliban Tewas Ditembak Polisi Pakistan

Tujuh Gerilyawan Taliban Tewas Ditembak Polisi Pakistan

Tujuh Gerilyawan Taliban Tewas Ditembak Polisi Pakistan. (Foto: Net)

Karachi – Sedikitnya tujuh gerilyawan Taliban tewas dalam serangan yang dilakukan polisi Pakistan, Minggu (05/10/2014). Serangan tersebut terjadi di kota pelabuhan Karachi, kata para petugas.

Pejabat senior polisi setempat Rao Anwar mengatakan, gerilyawan Tehreek-e-Taliban Pakistan (TTP) tewas dalam tembak-menembak selama serangan terhadap kompleks mereka di Sohrab Goth, di pinggiran kota.

"Ada sampai 16 gerilyawan TTP ada di dalam rumah ketika kami menggerebek gedung itu," kata Anwar kepada AFP, dengan menambahkan bahwa tujuh dari mereka tewas.

Tiga dari para pemberontak yang tewas terlibat dalam pembunuhan pejabat polisi senior Karachi, Chaudhry Aslam, pada Januari, kata Anwar.

"Ketiga gerilyawan, yang melarikan diri ke Arab Saudi setelah pembunuhan Aslam tetapi kembali ke negerinya baru-baru ini, yang ahli dalam membuat bom dan rompi bunuh diri," tambahnya.

Polisi mencoba untuk mengidentifikasi empat korban lainnya. Setidaknya tujuh gerilyawan melarikan diri selama tembak-menembak, katanya.

Serangan itu dipicu oleh intelijen polisi yang mengisyaratkan Taliban menggunakan kompleks itu sebagai basis.

Operasi itu terjadi dua pekan setelah Awan Farooq, pejabat senior polisi Karachi, pemain utama dalam perjuangan pemerintah melawan kelompok militan di kota itu sejak tahun 2001, selamat dari serangan bom mobil.

Satu ledakan bom yang dikendalikan dengan remot kontrol di kota melukai sedikitnya 13 orang pada Minggu, termasuk enam petugas polisi, salah satunya dalam kondisi kritis.

Ditanam di sepeda motor, bom itu meledak pada saat van patroli polisi lewat di lingkungan barat Frontier Colony, kata Sajid Sadozai, pejabat kepolisian setempat kepada AFP.

Karachi, satu kota dengan 18 juta orang yang memberikan kontribusi 42 persen dari GDP Pakistan, telah diganggu oleh kekerasan sektarian, etnis dan politik selama bertahun-tahun. (AY)

.

Categories:Internasional,