Jabar Bentuk Tim Pengendali Tiga Sungai

Jabar Bentuk Tim Pengendali Tiga Sungai

Ilustrasi.(Foto:Net)

Bandung - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat membentuk tim pengendalian pencemaran air Sungai Cimanuk, Cilamaya, dan Bekasi agar pencemaran di sungai tersebut tidak seperti Citarum.

"Jadi kita tidak ingin ketiga sungai ini menjadi seperti Sungai Citarum. Apabila dibiarkan maka akan lebih susah pengendaliannya," kata Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar, di Bandung, Rabu (4/3/2015).

Menurut dia, selama ini perhatian pemerintah dalam upaya pengendalian pencemaran sungai hanya terfokus pada Citarum saja, padahal sungai-sungai lain di Jabar juga butuh perhatian yang sama.

Pihaknya menilai kondisi Sungai Citarum dahulu tidak seperti saat ini tapi karena karena tidak ada upaya pengendalian maka menjadi sangat tercemar seperti sekarang ini.

"Dan mungkin kondisi serupa diperkirakan akan menimpa sungai-sungai di Jawa Barat lainnya," katanya.

Ia mengatakan, pembangunan infrastruktur seperti jalan tol dan bandara internasional di Jabar akan mendorong pertumbuhan industri baru.

Kemunculan industri baru tersebut, menurut dia, dikhawatirkan akan menimbulkan masalah terhadap masalah lingkungan mulai dari limbah, alih fungsi lahan sampai sedimentasi.

"Keberadaan industri baru akan muncul dan tersebar dimana-mana sehingga kerusakan akan sangat sulit diidentifikasi. Tapi kalau industrinya muncul di kawasan industri maka akan lebih jelas pengendalian dan pengawasannya," kata Deddy.

Oleh karena itu, kata dia, masalah dari kemunculan industri baru ini perlu diwaspadai sejak dini jangan sampai semakin parah dan berbahaya seperti Citarum.

"Jika dibiarkan parah maka akan lebih mahal biaya penangannya dan jumlah korbannya juga dipastikan sudah terlalu banyak. Jangan sampai sudah parah baru teriak-teriak," katanya.

Lebih lanjut ia mengatakan Pemprov Jabar saat ini sedang membuat sistem pengendalian pencemaran air sungai yang berkoordinasi dengan pemerintah kab/kota yang dilintasi sungai Cimanuk, Cilamaya dan Bekasi.

"Pemkab/pemkot akan memberikan masukan tentang kendala-kendala dan langkah yang tepat untuk menangani ketiga sungai tersebut," katanya. (AY)

.

Categories:Bandung,
Tags:bandung,