Jelang Peringatan KAA, Selasar Gedung Merdeka Direnovasi

Jelang Peringatan KAA, Selasar Gedung Merdeka Direnovasi

Ilustrasi.(Foto:Net)

Bandung - Selasar sisi barat dan timur Gedung Merdeka Bandung akan direnovasi menjelang Peringatan Ke-60 Konferensi Asia Afrika (KAA) yang dilaksanakan pada 18-28 April 2015.

"Pemprov melakukan pengecatan, pemeliharaan, perbaikan meja sidang, dan selasar barat timur diganti lantainya jadi marmer," kata Kepala Biro Humas, Protokol dan Umum (HPU) Setda Pemprov Jawa Barat Ruddy R Gandakusumah, di Bandung, Rabu (4/3/2015).

Ia mengatakan, pihaknya ikut melakukan pemeliharaan terhadap gedung tersebut karena Gedung Merdeka Bandung pengelolaannya juga di bawah Biro Humas Protokoler Umum Pemprov Jabar.

"Untuk perbaikan terutama lantai selasar sudah direncanakan sejak lama oleh pihaknya. Dan Gedung Merdeka bagian luarnya itu urusan Pemkot Bandung, dalamnya kita. Walaupun dipakai sehari saja, tapi pemeliharaan ini juga tugas rutin untuk menjaga aset negara," katanya.

Menurut dia, seluruh perbaikan ini memakan anggaran kurang lebih Rp800 juta dan khusus untuk pengerjaan penggantian lantai, pihaknya memakai Perpres Nomor 34 tahun 2014.

Perpres tersebut, kata dia, semacam eksepsi dari mekanisme pengadaan barang tanpa lelang dengan melakukan penunjukan langsung.

"Dan ini ditargetkan selesai 31 hari kerja atau pada 2 April," katanya.

Ia mengatakan, pengerjaan tersebut akan dikebut supaya bisa selesai sebelum tenggat waktu, terlebih Wakil Presiden RI M Jusuf Kalla direncanakan akan meninjau langsung seluruh persiapan pada awal April nanti.

Pihaknya menyatakan penunjukan langsung proyek penggantian marmer Gedung Merdeka telah dikonsultasikan ke pemerintah pusat dalam hal ini Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP). (AY)

.

Categories:Bandung,
Tags:bandung,