UN 2015 Jangan Bebani Siswa

UN 2015 Jangan Bebani Siswa

Ilustrasi.(Foto:Net)

Cimahi - Anggota Komisi IV DPRD Kota Cimahi Nurhasan mengatakan pemerintah dalam menerapkan pelaksanaan Ujian Nasional (UN) 2015 secara online jangan menjadi beban siswa seperti harus membawa laptop.

"Jangan sampai menjadi beban siswa menyiapkan perangkat seperti laptop dan lainnya untuk ujian online," kata Nurhasan kepada wartawan di Cimahi, Rabu (4/3/2015).

Ia menuturkan, penerapan UN secara online harus selaras dengan persiapan perangkat yang dimiliki setiap sekolah untuk menunjang kegiatan UN tersebut.

Menurut dia, sekolah di Kota Cimahi belum seluruhnya memiliki komputer yang jumlahnya mampu memenuhi para siswa peserta UN 2015.

"Saya sarankan jangan dulu (UN online), lihat dulu perangkat yang ada seperti apa," katanya.

Ia menambahkan, persoalan lainnya, yaitu masih banyak sekolah di Kota Cimahi yang belum menguasai teknologi untuk menunjang pelaksanaan UN tersebut.

Bahkan, menurut dia, tidak semuanya siswa memiliki komputer atau laptop sebagai alat untuk mengikuti pelaksanaan UN.

"Tidak sedikit pula orang tidak mampu memiliki laptop, jadi saya kira lebih baik manual saja dulu," katanya.

Sekretaris Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olah Raga Kota Cimahi Toto Suharto mengatakan, sekolah di Cimahi belum seluruhnya siap melaksanakan UN secara online atau menggunakan perangkat komputer jejaring internet.

Ia menyebutkan, rata-rata sekolah khususnya negeri memiliki peserta UN sebanyak 500 siswa, dan dipastikan sekolah tidak memiliki komputer sesuai dengan jumlah siswa.

"UN secara online masih akan terkendala dengan kesediaan sarana dan prasarana," katanya. (AY)

.

Categories:Pendidikan,
Tags:bandung,