30 Orang Tewas, Tambang Batubara di Ukraina Meledak

30 Orang Tewas, Tambang Batubara di Ukraina Meledak

Pekerja Tambang Batubara di Donetsk

Zasyadko  -  Sedikitnya 30 orang tewas, menyusul terjadinya ledakan gas metana di sebuah tambang batubara di Zasyadko, Donetsk, Ukraina, Rabu (4/3/2015).  
 
Dilansir dari Reuters, selain itu sebanyak 14 pekerja lainnya juga dilaporkan terperangkap dalam tambang tersebut. Tim penyelamat sendiri belum dapat memasuki area tambang untuk mengevakuasi korban.

"Menurut laporan awal, lebih dari 30 orang tewas," kata Kepala Badan Keamanan Pertambangan Lokal Ukraina, Vladimir Tsymbalenko. "Tim masih menyingkirkan sisa-sisa gas beracun dari pertambangan terebut. Setelah itu, baru mereka akan turun," lanjutnya.

Pada November 2007 lalu, kecelakaan tambang di Zasyadko juga terjadi  yang menewaskan sedikitnya 101 warga Ukraina. Meski perekonomian Ukraina menurun drastis sejak konflik bersenjata meletus pada April 2014, banyak tambang batubara yang masih beroperasi di zona pertempuran.

Sebelum konflik pecah pun, kecelakaan pertambangan khususnya tambang batubara kerapkali terjadi di Ukraina, yang tidak memiliki standar keamanan memadai. (Jr.)**
.

Categories:Internasional,
Tags:bencana,