Provinsi Chong Qing Diharapkan Bantu Monorel

Provinsi Chong Qing Diharapkan Bantu Monorel

Ilustrasi.(Foto:Net)

Bandung - Pemerintah Provinsi Jawa Barat mengharapkan Pemerintah Provinsi Chong Qing, Tiongkok, membantu PT Jabar Moda Transportasi (JMT) menyelesaikan studi teknis, finansial, ekonomi dan dampak lingkungan untuk percepatan proyek pembangunan Monorel Bandung Raya.

"Saat ini untuk pelaksanaan proyek secara teknis sebagai prasyarat pembangunan monorel akan dilakukan PT Jabar Moda Transportasi (JMT)," kata Asisten Administrasi Setda Pemprov Jabar Iwa Karniwa, di Gedung Sate Bandung, Kamis (5/3/2015).

PT JMT adalah perusahaan gabungan antara PT Panghegar Group dan PT Jasa Sarana.

Ia mengatakan mulai dari proses perencanaan, penyelesaian kajian, studi yang harus disiapkan oleh PT JMT.

"Kami juga berharap PT JMT sudah mulai mencari partner strategis serta sumber pendanaan yang dibutuhkan untuk pembangunan proyek tersebut," kata dia.

Menurut dia, salah satu rekan dari PT JMT yang cukup strategis adalah perusahaan dari Chong Qing, Tiongkok, yakni Chongqing-HFY.

"Jadi untuk urusan pendanaan sudah mulai ada titik terang, karena perbankan dan Kamar Dagang Tiongkok sudah menyinergikan ini," katanya.

Dikatakan dia, di luar itu salah satu dokumen yang cukup penting untuk segera mendapat pengesahan dari Kemenhub adalah penetapan trase pembangunan Monorel Bandung Raya.

"Saya selaku bagian dari Tim Fasilitasi Percepatan Pembangunan Monorel Bandung Raya telah mendorong PT JMT untuk segera menyelesaikan penetapan trase. Semoga selesai akhir April ini," ujarnya.

Oleh karena itu, pihaknya berharap Pemerintah Provinsi Chong Qing, Tiongkok, bisa membantu PT JMT dalam menyelesaikan seluruh studi dalam pembangunan monorel ini mulai dari kajian teknis, finansial, ekonomi dan dampak lingkungannya. (AY)

.

Categories:Bandung,