Polda Jabar Siap Amankan 60 Tahun KAA

Polda Jabar Siap Amankan 60 Tahun KAA

ilustrasi. (Net)

Bandung- Kepolisian Daerah Jawa Barat mulai mempersiapkan rencana pengamanan peringatan ke-60 Konferensi Asia Afrika (KAA) yang dilaksanakan 18-28 April 2015.


"Kita sedang persiapkan, lebih rinci giat pengamanannya belum bisa disampaikan karena berkasnya belum disetujui bapak Kapolda," kata Kepala Bidang Humas Polda Jabar Kombes Pol Sulistyo Pudjo Hartono di Bandung, Kamis (5/3/2015).

Ia menuturkan, secara umum pengamanan peringatan KAA tersebut meliputi tiga ring pengamanan yakni ring satu dalam gedung, ring 2 diluar gedung dan ring 3 kawasan yang akan menuju gedung.

Pengamanannya, lanjut dia, bukan hanya dari Polda Jabar saja, melainkan dari Mabes Polri, dibantu TNI, Paspampres, Kementerian Luar Negeri dan aparat terkait pemerintah daerah.

"Memakai kekuatan nasional, dari Mabes Polri, TNI, dari Pemda juga kita manfaatkan," katanya.

Ia menambahkan, personel polisi yang siap diterjunkan dalam pengamanan itu diantaranya ada penembak jitu yang disiagakan selama berlangsungnya peringatan KAA.

"Sniper (penembak) disiapkan," katanya.

Pudjo mengatakan, selain penembak jitu, ada juga personel yang biasa disiapkan yakni tim pengamanan konsumsi dan akomodasi.

Tim konsumsi itu, kata dia, akan memeriksa setiap makanan yang akan dihidangkan kepada peserta KAA.

"Makanan yang akan dihidangkan dicek dulu, jangan sampai ada racun," katanya.

Ia menambahkan, polisi juga mempersiapkan pengamanan jalur darat dan udara.

"Jalur darat, seperti pengaturan lalu lintas, kemudian pengamanan di bandara juga," katanya. (AY)
.

Categories:Bandung,
Tags:bandung,