Aliou Cisse Latih Senegal

Aliou Cisse Latih Senegal

Mantan kapten Senegal Aliou Cisse.

Dakar - Mantan kapten Senegal Aliou Cisse telah menggantikan Alain Giresse asal Prancis, sebagai pelatih 'Singa-singa Terranga,' setelah penampilan buruk mereka di Piala Afrika, demikian diumumkan federasi nasional (FSF) pada Jumat (6/3/2015) WIB.

Pada pertemuan-pertemuan yang dilakukan di ibukota Senegal, mantan bek Cisse, yang saat ini melatih timnas U-23, terpilih untuk menggantikan Giresse yang gagal membawa tim melewati fase grup di Guinea Ekuatorial.

Cisse merupakan kapten tim legendaris, yang menaklukkan juara bertahan Prancis pada Piala Dunia 2002, penampilan perdana dan satu-satunya mereka di turnamen itu, dan mengukir sejarah dengan mencapai semifinal di bawah asuhan almarhum pelatih asal Prancis Bruno Metsu.

Beberapa bulan sebelumnya, tim mencapai final Piala Afrika 2002 di Mali, ketika Cisse gagal mengeksekusi penalti dengan sempurna dalam adu penalti sekaligus menghapus peluang timnya meraih gelar Afrika perdana yang kemudian menjadi milik Kamerun.

Karir bermainnya termasuk saat ia berkiprah di Prancis, di mana ia sempat memperkuat Paris Saint Germain dan Lille, ketika ia juga menikmati kesuksesan di Liga Utama Inggris saat bermain untuk Birmingham dan Portsmouth.

Cisse (38) akan familiar dengan banyak pemain, di mana ia pernah menjadi asisten pelatih untuk tim yang bermain pada Olimpiade London 2012 dan mencapai perempat final. (AY)

.

Categories:Sepak bola,
Tags:sepak-bola,