SMAN 2 Bandung Punya Bangunan Bersejarah

SMAN 2 Bandung Punya Bangunan Bersejarah

Suasana lingkungan sekolah SMAN 2 Kota Bandung. (Foto : ADE)

Bandung - Banyaknya sekolah yang memiliki gedung bekas peninggalan zaman Belanda, sesungguhnya memiliki daya tarik tersendiri. Terlihat dari arsitekturnya yang unik dengan gambaran bangunan bergaya Eropa klasik, menambah warna berbeda saat orang berkunjung ke sana. Di Jl. Cihampelas Kota Bandung misalnya, ada sekolah negeri dengan arsitektur gedung yang khas Belanda banget, tepatnya di SMAN 2 Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat.

 
Saat CikalNews berkunjung ke SMAN 2 Kota Bandung,  sempat bertemu dengan pensiunan guru SMAN 2 Kota Bandung yang sudah mengajar sejak puluhan tahun lalu. Sosok pria tua itu, bernama H. Nandang Sutarman. Beliau sengaja datang karena diundang alumni yang ingin tahu tentang sejarah sekolahnya, katanya sich ada yang ingin buat buku tentang sekolah bersejarah di Bandung.
 
Dari cerita H. Nandang Sutarman, banyak ruangan yang ada di sekolah ini dulunya sempat dijadikan basecamp oleh pasukan Belanda dan juga TNI.
 
“Tepat di ruangan kelas-kelas sekarang, dulunya pernah dijadikan markas oleh pasukan Belanda. Setelah bangunan direbut oleh TNI sekolah ini juga dijadikan basecamp batalyon tahun 1949. Ada ruangan di pojok sekolah dulu pernah dibuat gudang senjata,” cerita H. Nandang Sutarman di SMAN 2 Kota Bandung, Jl. Cihampelas, Kota Bandung, Senin (06/10/2014).
 
Selain jadi pos para pasukan Belanda atau TNI, di sekitaran sekolah ini juga sempat dijadikan tempat kontak senjata. “Dulu juga di sini pernah ada kontak senjata antara pasukan TNI dengan pasukan Belanda dan Jepang,” seru Nandang.
 
Adanya generasi muda yang ingin memaparkan sejarah sekolah bisa dijadikan pelajaran dan pengalaman bagi siswa, utamanya untuk memotivasi prestasi dan kecintaannya kepada sekolah sendiri. 
 
 
.

Categories:Pendidikan,