Orang Garut Berburu Kulit ke Bandung

Orang Garut Berburu Kulit ke Bandung

Kulit kambing adalah bahan yang cocok untuk bikin jaket. (Foto ADE)

Bandung – Idul Adha dijadikan ajang untuk menarik bagi para perajin kulit asal Kabupaten Garut untuk berburu kulit hewan kurban seperti kulit sapi, kulit domba, dan kulit kerbau. Tak tanggung mereka rela mencari kulit hingga jauh ke luar Garut, bahkan ada yang sampai ke Kota Bandung, Cimahi, Cianjur, Sukabumi, bahkan Bogor.
 
Berdasarkan cerita perajin kulit asal Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Ade Kulit, dirinya rela meluangkan waktu datang ke Kota Bandung sekadar untuk mencari kulit bekas hewan kurban yang khendak di jual.
 
“Saya sengaja mencari ke DKM masjid, siapa tahu ada sisa kulit bekas hewan kurban. Kalau memang ada saya akan beli baik itu kulir domba atau kulit sapi. Saya hargai sesuai besarnya,” cerita Ade Kulit, saat ditemui di Masjid PUI Cibeunying Kidul, Kota Bandung, Senin (06/10/2014).
 
Ade Kulit melanjutkan, para pencari kulit memang tidak mencari kulit domba atau kulit sapi saja, jika ada kulit kebo atau kerbau pun akan dibeli. “Untuk perajin kulit kita memanfaatkan berbagai kulit hewan kurban, bisa sapi, kambing, atau kerbau, tetapi umumnya kambing atau domba untuk membuat jaket atau sarung tangan,” lanjutnya.
 
Harga kulit kambing per lembarnya bisa dibeli sekitar Rp 25.000 hingga Rp 30.000/helai. Semantara untuk kulit sapi bisa dibeli hingga Rp 100.000 sebagaimana besarnya, jika jauh lebih besar bisa lebih harganya.
 
Kulit sapi cocok dibuat untuk kerajinan sepatu, tas, dan dompet. Harga kulit pada musim Idul Adha harganya jauh lebih murah dibandingkan dengan hari biasa, karena barangnya banyak berlimpah. (Jr.)**
.

Categories:Bandung,
Tags:bandung,