Serangan di Tempat Hiburan Lima Tewas di Mali

Serangan di Tempat Hiburan Lima Tewas di Mali

Ilustrasi.(Foto:Net)

Mali-Sedikitnya lima orang tewas terbunuh akibat serangan bersenjata oleh sekelompok orang di pusat hiburan malam di ibu kota Mali, Bamako.
Wartawan BBC di Mali mengatakan, seorang warga negara Prancis tewas ditembak di sebuah bar, sementara dua orang warga Mali terbunuh setelah ditembak pelaku yang kemudian melarikan diri.
Adapun seorang warga Belgia tewas akibat ledakan granat yang mengenai kendaraan yang ditumpanginya. Seorang warga Eropa lainnya tewas di rumah sakit.
 
Sejumlah saksi mata mengatakan, para penyerang meneriakkan "Allahu Akbar".
Seorang perwira intelijen mengatakan kepada Kantor berita Reuters bahwa aparat keamanan telah menangkap dua orang yang terkait serangan tersebut.
 
Presiden Prancis Francois Hollande mengatakan, dia mengutuk keras serangan pada hari Sabtu itu sebagai "serangan para pengecut."
Wartawan BBC di Bamako, Alex Duval Smith mengatakan, pasukan Prancis tiba di lokasi kejadian tidak lama setelah serangan. Mereka memastikan bahwa salah-seorang yang terbunuh adalah warga Prancis.

Hubungan dengan al-Qaeda

Menurut wartawan BBC, salah-seorang warga Mali yang tewas adalah perwira polisi, dan korban lainnya adalah seorang petugas keamanan.
Seorang saksi mata mengatakan kepada BBC bahwa dia melihat empat orang yang melarikan diri dengan kendaraan bermotor dan seorang lainnya mengendarai sepeda motor setelah serangan.
Akibat serangan ini, sedikitnya delapan orang terluka, kata sumber di Rumah sakit Gabriel Toure kepada Kantor berita AFP.
Kelompok militan Islam telah terlibat dalam pertempuran dengan tentara Mali dalam beberapa tahun terakhir.

Tentara Prancis dan pasukan dari sejumlah negara Afrika telah berada di Mali sejak Januari 2013 untuk menghentikan serangan kelompok militan yang memiliki hubungan dengan al-Qaeda.(Ode)**

.

Categories:Internasional,
Tags:,