Bawang Hitam Berkhasiat Kontrol Kolesterol dan Kanker

Bawang Hitam Berkhasiat Kontrol Kolesterol dan Kanker

Bawang Hitam (Foto: Net)

Jakarta  - Bawang hitam, rempah khas Korea yang dibuat dari fermentasi bawang putih, dianggap memiliki berbagai khasiat untuk menjaga kesehatan.

Rempah yang dipamerkan di Korea-Indonesia Festival 2014 itu bentuknya seperti bawang putih dengan tekstur kenyal, seperti manisan buah. Rasanya lebih mirip dodol, walau tetap ada rasa bawang putihnya.

"Bawang hitam adalah bawang putih yang difermentasi selama 35 hari," kata Fenti Nur Hikmah, yang menjaga stan bawang hitam di Korea-Indonesia Festival 2014.

Dia mengatakan, bawang hitam dianggap berkhasiat untuk mengontrol kolesterol dan mencegah kanker serta bisa menjadi agen antimikroba, antibiotik dan antijamur alami seperti bawang putih.

Bawang hitam juga dipercaya mengandung lebih banyak antioksidan dibandingkan bawang putih. Selain berbentuk bawang hitam utuh, rempah alami ini juga tersedia dalam bentuk minuman. Rasanya mirip dengan shoyu (kecap Jepang) tapi lebih manis.

Menurut Fenti, bawang hitam dapat dikonsumsi oleh berbagai kalangan usia, mulai dari anak-anak hingga orang tua. "Belum banyak orang Indonesia yang tahu, tapi di sini bawang hitam banyak dibeli oleh orang Korea dan Jepang," katanya. (Jr)**

.

Categories:Gaya hidup,
Tags:gaya-hidup,