20 Militan ISIS Terbunuh di Kobane

20 Militan ISIS Terbunuh di Kobane

Bendera ISIS berkibar di sisi timur Kobane. (Foto: REUTERS)

Suruc - Milis Kurdi di Kobane kembali diserang kelompok militan ISIS, Senin (6/10) dan saat bersamaan 20 laskar ISIS terbunuh setelah memasuk kota penting Suriah itu untuk pertamakalinya. Para militan ISIS berusaha membanjiri Kobane di perbatasan dengan Turki baik dari sisi timur maupun barat dari sebuah bukit strategis menuju ke selatan, tapi para pejuang Kurdi membalas menyerang.

Observatorium HAM Suriah seperti dikutip AFP mengatakan, sedikitnya 20 militan ISIS terbunuh Minggu larut malam lalu setelah memasuki sisi timur kota dan kemudian dipukul mundur oleh para pejuang milisi Kurdi Unit Pelindung Rakyat (YPG). "Para militan tewas dalam sebuah pencegatan oleh YPG setelah mereka memasuki Jalan 48 di timur Kobane semalam," kata Direktur Observatorium  Rami Abdel Rahman.

Hal itu untuk pertamakalinya ISIS memasuki Kobane sejak maju menyerbu kota ini tiga pekan lalu.  Seorang pejabat Kurdi Suriah di dalam kota itu mengaku mendapat bombardemen hebat. Namun pejabat bernama Idris Nahsen itu berkata kepada AFP melalui telepon, dia tak bisa mengonfirmasi apakah ISIS telah memasuki kotanya tapi fotografer AFP melaporkan dari dalam wilayah Turki bahwa dua bendera ISIS berkibar di sisi timur Kobane.

Sabtu pekan lalu ISIS menguasai bagian Bukit Mishtenur di atas Kobane, tapi serangan udara AS telah memperlambat gerak maju mereka. Nahsen lalu berkata serangan udara saja tidak akan cukup menghentikan serangan ISIS.

Sementara itu di tengah keputusasaan, seorang perempuan Kurdi meledakkan dirinya sendiri di sebuah pos ISIS di timur kota Kobane. Inilah untuk pertama kalinya seorang pejuang perempuan Kurdi menggunakan taktik sama yang sering dipakai ISIS, demikian AFP. (Jr.)**

.

Categories:Internasional,
Tags:isis,