Tur David Gilmour Bersama Pink Floyd 2015

Tur David Gilmour Bersama Pink Floyd 2015

David Gilmour

London - Enam puluh sembilan tahun yang lalu, (6 Maret 1946), lahirlah seorang penyanyi, penulis lagu dan multi-instrumentalis di Inggris. Namanya lebih dikenal sebagai gitaris band art rock asal Inggris Pink Floyd, yakni David Gilmour.

Tahun 2005, Gilmour pun dianugerahi gelar Commander of the British Empire oleh Ratu Elizabeth, untuk sumbangsihnya di dunia musik. Tahun 2011, majalah Rolling Stone memberinya peringkat nomor 14 dalam daftar  "100 Greatest Guitarist of All Time".

Dikutip dari Clasicrockwikli, Jumat (6/3) perkirakan bahwa pada 2012 Pink Floyd telah menjual lebih dari 250 juta album di seluruh dunia, termasuk 74.500.000  keping di Amerika Serikat.

David Gilmour memang seorang gitaris yang permainannya cukup berpengaruh pada generasi musisi sesudahnya. Tren back to classic di kalangan gitaris saat ini, membuat David Gilmour kembali menjadi referensi, termasuk sound fuzz effect-nya yang legendaris.

Sejauh ini, usia tampaknya tidak menjadi halangan buat David Gilmour untuk terus bermusik, terutama untuk album solonya mendatang David telah menyiapkan serangkaian tur. Dia telah menyusun tur singkat di Eropa musim gugur tahun 2015 ini.

David memang terlihat kurang antusias untuk mempromosikan album gres Pink Floyd "The Endless River". Ia lebih fokus pada proyek solonya. Selama seminggu di awal September, dia akan konser di lima kota di empat negara (Italia di Florence dan Verona). Dia juga akan tampil tiga malam di London Royal Albert Hall. 
 
Keputusan untuk melakukan tur dan bermain di venue yang lebih kecil seperti klub sejalan dengan keinginan David untuk bernostalgia saat Pink Floyd masih merintis karier, sebelum mereka menjadi headline pertunjukan di arena besar. "Saya ingin melakukan tur 'seorang tua', bukan jadwal tur dengan 200 pertunjukan," aku David.

Apakah ini berarti, David yang terakhir merilis album solo tahun 2006 "On an Island" berencana untuk merilis album dalam waktu dekat masih sulit untuk dikatakan, karena dia tak banyak buka mulut sejauh ini. Yang jelas, album itu akan diproduksi oleh mantan gitaris Roxy Music Phil Manzanera, yang mengatakan sesi rekamannya "berjalan lancar."

Penggemar Pink Floyd dan David Gilmour tentunya senang mendengar kabar ini. Pada November 2013, tersiar kabar David Crosby dan Graham Nash menyumbang beberapa harmoni yang menjadi trademark mereka dalam proses rekaman album anyar David Gilmour ini. Kapan pastinya keluar, kita tunggu saja.(Jr.)**

Jadwal Tur Eropa David Gilmour 2015:
12/09 - Pula, Kroasia
14/09 - Verona, Italia
15/09 - Florence, Italia
17/09 - Orange, Prancis
09/19 - Oberhausen, Jerman
23/09 - London, Inggris
24/09 - London, Inggris
25/09 - London, Inggris
.

Categories:Musik,
Tags:,