DPD Perjuangkan Oesman Sapta Odang Sebagai Ketua MPR

DPD Perjuangkan Oesman Sapta Odang Sebagai Ketua MPR

Pimpinan dan sejumlah anggota DPD berfoto bersama dengan Senator Kalbar Oesman Sapta Odang (keempat kiri) yang terpilih mewakili DPD sebagai calon pimpinan MPR seusai voting di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (6/10) malam. (Foto: ANTARA FOTO)

Jakarta - Ketua Dewan Perwakilan Daerah RI Irman Gusman menegaskan, Oesman Sapta Odang diperjuangkan untuk meraih kursi ketua MPR RI 2014-2019.

"Ini harus jadi (ketua MPR), kita (DPD) memiliki anggota terbesar. Yang kita tawarkan ketua MPR dari unsur DPD dengan dua wakil dari KMP, dan dua wakil dari KIH," kata Ketua DPD RI Irman Gusman usai rapat paripurna DPD RI di Senayan Jakarta, Senin malam (06/10/2014).

Rapat paripurna Dewan Perwakilan Daerah akhirnya menyepakati mengajukan Oesman Sapta Odang sebagai calon pimpinan MPR dari unsur DPD RI, setelah dalam pemungutan memperoleh 67 suara.

Menurut Irman, formasi yang ditawarkan DPD RI ini merupakan jalan tengah terbaik bagi bangsa. "Kami tetap mendorong musyawarah mufakat," katanya.

Irman mengatakan, apa yang ditawarkan DPD RI dilakukan untuk mendudukkan posisi MPR sebagai lembaga tinggi yang benar-benar merepresentasikan kebhinekaan Indonesia.

"Jadi tidak ada paket pimpinan, ini musyawarah mufakat untuk mengawal Merah Putih menuju Indonesia hebat," kata Irman Gusman.

Sementara itu, Oesman Sapta Odang menegaskan dirinya siap memimpin MPR. "Memang dalam perjuangan ada proses. Saya kalah di pertarungan ketua DPD RI, tapi menang untuk ke MPR," katanya.

Oesman menegaskan, suara DPD RI solid untuk mendukung wakilnya sebagai ketua MPR. "Hanya ada satu orang yang diantarkan DPD ke MPR. Di mana pun belahannya -- KMP atau KIH, DPD RI tetap ikut. Dan harus ketua," kata Oesman Sapta. (AY)

.

Categories:Politik,