Mahasiswa Aceh Sambut Jokowi lewat Demo Tagih Janji

Mahasiswa Aceh Sambut Jokowi lewat Demo Tagih Janji

Mahasiswa sambut Jokowi dengan Demo.(Foto:Merdeka)

Banda Aceh - Para mahasiswa yang tergabung dalam Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Syiah Kuala melakukan aksi teatrikal dan orasi, yang meminta Presiden Jokowi segera 'bangun' agar ke depan Indonesia lebih baik. Aksi itu berlangsung di halaman Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh, Senin (9/3).

Dalam aksi itu, para mahasiswa membawa sebuah kartun berwajah Jokowi dengan memakaikan selempang sarung berkotak kuning dan hitam sambil berorasi. Mereka menuntut Jokowi segera memenuhi janjinya terhadap masyarakat Aceh semasa kampanye. Salah satunya, Jokowi segera mengesahkan turunan Rancangan Undang-undang Pemerintah Aceh (RUUPA), tentang Peraturan Pemerintah (RPP) Migas, dan turunan lainnya.

"Seharusnya masyarakat Aceh sudah menerima hak-haknya berupa RRP Migas, RPP Kewenangan dan RPP Pertanahan," kata koordinator aksi Hasrizal.

Selain itu, lanjut Hasrizal, Jokowi pernah mengumbar janji akan memberikan anggaran untuk keluarga sejahtera Rp1 juta per bulan. Dia meminta mantan Gubernur DKI Jakarta itu segera mewujudkannya. "Ini harus segera direalisasikan. Jangan hanya janji politik saja," tegasnya. 

menurutnya, janji lain membangun tol laut dari Aceh sampai Papua. Sampai saat ini, tak ada tanda-tanda rencana ambisius itu dikerjakan. "Jangankan membangunnya, cikal-bakal pun belum terlihat sama sekali," katanya.
Aksi mahasiswa ini berlangsung damai. Aparat keamanan dari kepolisian Kota Banda Aceh turut mengawal mereka secara ketat.
Seperti diberitakan, Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana pada hari ini mengunjungi Aceh. Kedatangan tersebut untuk meresmikan proyek waduk Krueng Keureuto senilai Rp 1,7 trilliun di Paya Bakong, Kabupaten Aceh Utara. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:jokowi,