Budaya Asing Peluang Generasi Muda Berkreasi

Budaya Asing Peluang Generasi Muda Berkreasi

Ilustrasi.(Foto:Net)

Bandung- Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar mengatakan gempuran budaya asing di era globalisasi seperti saat ini, bisa menciptakan peluang bagi masyarakat khususnya generasi muda untuk dapat berkreasi.


"Hal ini pun akan semakin menumbuhkan serta memberikan kekuatan bagi tumbuhnya perekonomian yang berbasis pada kreativitas," kata Deddy Mizwar pada "Dialog Cerdas Berbudaya dalam Rangka Memperingati Konferensi Asia-Afrika (KAA) ke-60, di Bandung, Senin (9/3/2015).

Budaya asing dan globalisasi yang terjadi saat ini, menurut Wagub bukan sebuah ancaman, namun peluang bagi kita untuk dapat lebih kreatif.

"Ini (globalisasi) bukan ancaman menurut saya, tapi malah peluang. Dia bisa menjadi peluang yang besar untuk orang-orang yang kreatif," katanya.

Ia mengatakan, masyarakat harus dapat menyikapi serta mengatisipasi hal tersebut sebagai sebuah transformasi budaya, terutama di era informasi teknologi seperti saat ini.

"Sehingga hal ini menjadi sebuah produk budaya yang dapat memberikan kekuatan ekonomi baru-hasil dari kreativitas," katanya.

Dalam diskusi yang mengangkat tema "Revitalisasi Nilai-Nilai Budaya Asia-Afrika: Membangun Sinergitas Keberagaman sebagai Kedaulatan Budaya Dalam Perspektif Orientasi Nilai Kearifan Budaya Lokal untuk Menghadapi Arus Globalisasi" ini, pihaknya mengingatkan masyarakat agar dapat menciptakan sebuah harmoni dalam keragaman budaya yang ada di tanah air, tanpa saling mendominasi antara budaya yang satu dengan yang lainnya.

"Kita memiliki keberagaman nilai budaya, seni yang luar biasa. Nah, bagaimana kita mensinergikan semua ini, sinergi bukan berarti saling mendominasi. Bersinergi untuk menciptakan harmoni dan dinamika yang lebih baik," katanya.

"Apalagi di era teknologi dan digital seperti saat ini, kita tidak bisa menghindari arus globalisasi di bidang kebudayaan," tambahnya. (AY)
.

Categories:Bandung,