Kampus Wadah Lestarikan Seni Budaya

Kampus Wadah Lestarikan Seni Budaya

Pasar Seni ITB, Wadah Lestarikan Seni Budaya

Bandung - Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar mengatakan kampus atau perguruan tinggi dapat menjadi wadah untuk saling mengenal dan melestarikan seni-budaya yang ada di Indonesia karena sebuah budaya dapat lahir dan berkembang dimana saja tanpa mengenal tempat atau wilayah asalnya.


"Saya kira ini sudah berkembang, Bandung khususnya. Perguruan Tinggi secara khusus dapat menjadi wadah untuk saling mengenal, saling menghargai," kata Deddy Mizwar di Bandung, Senin (9/3/2015).

Ditemui usai menghadiri acara Gelar Budaya Aceh (GBA) 2015 oleh Unit Kebudayaan Aceh (UKA) ITB, di Gedung Sabuga Bandung, ia mengatakan seni dan budaya menjadi sarana diplomasi untuk saling mengenal, menghargai.

Ia mengatakan, seni dan budaya tersebut dapat tumbuh dan berkembang dimana pun, sehingga dapat terus dilestarikan.

"Tidak ada yang mendominasi diantara satu seni-budaya lain dengan yang lainnya. Menjadi bagian kesatuan, melengkapi keberagaman itu sendiri," ujarnya.

Untuk itu, pihaknya ingin setiap kampus memiliki peran untuk mengembangkan budaya, tidak hanya seni-budaya daerah dimana kampus terebut berada.

"Sementara ini teman-teman dari Aceh mengembangkan seni dan budaya Aceh di ITB, boleh saja. Saya katakan perguruan tinggi lain bagaimana, kalau perlu tetap dikembangkan di perguruan tinggi lain," kata dia. (AY)
.

Categories:Bandung,