Dewan Minta Usut Pelaku Pembuang Limbah Medis

Dewan Minta Usut Pelaku Pembuang Limbah Medis

Ilustrasi.(Foto:Net)

Bandung - Anggota Komisi D DPRD Jawa Barat Yod Mintaraga meminta agar Satgas Penegakan Hukum Lingkungan Terpadu Provinsi Jawa Barat atau penegak hukum terkait menindak pelaku pembuang limbah medis di Gunung Guntur, Kabupaten Garut.


"Apapun alasannya pelakunya harus ditindak tegas, diberikan hukuman karena limbas medis itu masuk kategori limbah bahan beracun dan berbahaya atau B3," kata Yod Mintaraga di Bandung, Senin (9/3/2015).

Pelaku yang membuang limbah medis di Gunung Guntur tersebut, kata Yod, berarti tidak melaksanakan kewajibannya dalam mengelola limbah B3.

"Itu kan kalau menurut aturan, sebelum dibuang harus dikelola terlebih dahulu agar tidak berbahaya," kata dia.

Pihaknya sangat menyayangkan dengan temuan limbah medis di kawasan Gunung Guntur tersebut.

Oleh karena itu, pihaknya meminta agar satgas atau penegak hukum menyelidiki siapa pelaku yang membuang limbah medis di Gunung Guntur.

"Pokoknya harus diselidiki dari mana asalnya. Kalau ditemukan tindak tegas pelakunya," kata dia.

Terkait adanya biaya untuk pengelolaan limbah B3, ia meminta agar faktor tersebut tidak dijadikan alasan sehingga membuang limbah tersebut sembarangan.

"Kan sudah diatur di dalam perda. Kalau memang terlalu tinggi silahkan dibicarakan dengan pelaksanana perda itu, nanti ke depannya bagaimana. Itu bukan jadi alasan, tidak lah, lebih baik mencegah dampak negatif yang berbahaya, karena itu beresiko tinggi," katanya. (AY)
.

Categories:Daerah,