Bolivia Tunjuk Jenderal Wanita yang Pertama

Bolivia Tunjuk Jenderal Wanita yang Pertama

Gina Reque Teran.

La Paz  - Bolivia telah menunjuk jenderal tentara wanita pertama, yang juga putri dari komandan militer yang memimpin operasi terakhir melawan Che Guevara, menurut kantor berita negara.

Jenderal Tentara wanita pertama itu adalah Gina Reque Teran, 53, yang secara resmi dipromosikan menjadi Jenderal tentara oleh Presiden Evo Morales dalam upacara di barak militer utama di ibukota La Paz, seperti yang dikutip dari kata kantor berita ABI, Selasa (10/3).

Gina adalah putri dari pensiunan jenderal Luis Reque Teran, yang memimpin operasi militer Bolivia di Quebrada del Yuro melawan pasukan pemberontak yang dipimpin Che Guevara pada tahun 1967.

Pertempuran tersebut adalah pertempuran revolusioner terakhir Argentina-Kuba sebelum penangkapan Che Guevara oleh pasukan Bolivia yang didukung oleh Badan Intelijen Pusat AS dan dieksekusi beberapa hari kemudian.

Selain Gina, pemerintah Bolivia juga mengangkat dua wanita dengan pangkat jenderal di dalam jajaran kepolisian nasional, ini juga menjadi kepemimpinan wanita yang pertama di Bolivia. (Jr.)** 

.

Categories:Internasional,