Pemerintah Austria Bantu Restorasi Lukisan Affandi

Pemerintah Austria Bantu Restorasi Lukisan Affandi

Maestro lukis Indonesia, Affandi.(Foto:kompas)

Jakarta  - Pemerintah Austria membantu restorasi beberapa lukisan karya maestro lukis Indonesia, Affandi.

"Februari lalu kami telah membawa pakar dari Austria ke Yogyakarta untuk mengkaji mana karya yang butuh direstorasi," kata Duta Besar Austria untuk Indonesia, Andreas Karabaczek, setelah bertemu Wakil Presiden Jusuf Kalla di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Selasa (10/3).

Ia mengatakan,  dalam jangka panjang dibutuhkan lebih dari sekadar restorasi karya dan dia mengusulkan modernisasi Museum Affandi di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Modernisasi yang dia maksud antara lain meliputi penerapan konsep bangunan hijau, yang selaras dengan upaya pelestarian lingkungan.

Deputi Sekretaris Wakil Presiden Bidang Politik Dewi Fortuna Anwar mengatakan, kerja sama restorasi lukisan Affandi selanjutnya diharapkan bisa diperluas, antara lain dalam bentuk pelatihan restorasi karya seni.

Dewi mengakui,  saat ini beberapa museum kurang terpelihara. Ia mengatakan kemampuan pemerintah untuk mendukung pemeliharaan museum masih terbatas. "Tidak hanya cukup dengan bantuan dari Austria, tapi memang harus ada kemitraan pemerintah swasta di samping kerja sama dengan pihak luar," ujarnya. (Jr.)**

.

Categories:Nasional,
Tags:hiburan,