41 Persen APBN 2015 Digunakan Belanja Pegawai

41 Persen APBN 2015 Digunakan Belanja Pegawai

ilustrasi. (Net)

Purwakarta - Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2015, sekitar 41 persennya sudah digunakan untuk belanja pegawai. Hal itu dikatakan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Yuddy Chrisnandi di Purwakarta, Senin (9/3/2015) malam.

"APBN Indonesia itu Rp 2039 triliun dan 41 persennya sudah digunakan untuk belanja rutin pegawa,"kata Yuddy.

Artinya, kata Yuddy, 41 persen atau senilai Rp 820 triliun APBN sudah digunakan untuk keperluan pegawai, belum menyentuh aspek pembangunan.

"Adapun untuk dana belanja barang yang dialokasikan dari APBN itu mencapai 40 persen. Sehingga, dengan begitu kita sudah menggunakan APBN senilai 81 persen," katanya.

Dengan begitu, sisa APBN sebesar 20 persen, harus dimanfaatkan untuk pembangunan masyarakat, sebagaimana yang diprogramkan oleh Presiden RI Joko Widodo.

"Jadi ruang fiskal efektif program pembangunan berkisar dari 20 persen. Dan 20 persen itu harus dimanfaatkan sebaik mungkin untuk sekolah, kesehatan dan lainnya," ujar Yuddy.

Jumlah itu, dinilainya kurang efektif. Karenanya, ia memiliki 3 opsi untuk menyelesaikan problema itu. Pertama meningkatkan kapasitas potensi ekonomi, ekonomi kreatif, regulasi dan gali ekonomi baru.

Kemudian menambah hutang untuk gerakan sektor ekonomi baru, ekploitasi sumber daya alam.  "Tapi itu bebani generasi mendatang dan itu tidak bijak. Jadi saya rasa efisiensi anggaran itu harus dan wajib," katanya. (AY)

.

Categories:Daerah,
Tags:,