Rio Haryanto Ikuti Tes Pramusim di Abu Dhabi

Rio Haryanto Ikuti Tes Pramusim di Abu Dhabi

Rio Haryanto Ikuti Tes Pramusim di Abu Dhabi

Semarang - Pebalap nasional Rio Haryanto yang tergabung dalam tim Campos Racing mengikuti tes pramusim di Sirkuit Yas Marin Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, 9-11 Maret 2015.

Ibunda Rio Haryanto, Indah Pennywati ketika dihubungi dari Semarang, Jawa Tengah, Selasa (10/3/2015), mengatakan tes ini wajib diikuti oleh semua pebalap yang akan berlaga pada lomba balap GP2 Series yang dijadwalkan mulai diputar pada 17 April.

Tes pramusim GP2 Series di Yas Marin ini setiap harinya dilakukan dua sesi yaitu pada pagi dan sore hari mulai pukul 9 pagi hingga 5 sore waktu setempat.

Pada hari pertama atau Senin (9/3) sesi pagi hari, pebalap asal Solo, Jateng, tersebut menempati posisi ke-14 dengan catatan waktu 1:52.273 dari 15 putaran sedangkan peringkat pertama ditempati pebalap tim Racing Engineering Alexander Rossi dengan catatan waktu 1:50.845.

Posisi kedua ditempati pebalap tim DAMS Pierre Gasly dengan catatan waktu 1:51.298 sedangkan ketiga adalah Alex Lynn juga dari tim DAMS dengan catatan waktu 1:51.544.

Sementara itu pada sesi sore hari, Rio Haryanto menempati posisi kedelapan dengan catatan waktu 1:49.456 dari 24 kali putaran sedangkan peringkat pertama direbut pebalap tim DAMS Pierre Gasly dengan catatan waktu 1:48.897, posisi kedua ditempati rekan satu tim Rio Haryanto di Campos Racing Arthur Pic dengan catatan waktu 1:48.955 sedangkan ketiga adalah pebalap Trident Raffaele Marciello dengan catatan waktu 1:49.252.

Indah Pennywati mengatakan, pada sesi pagi hari Rio Haryanto masih mencoba settingan mobil balapnya dan yang bersangkutan mengaku mobilnya masih 'understeer' hingga siang hari hari.

Setelah itu Rio Haryanto kembali lagi ke perlombaan dan sudah tidak ada persoalan dengan mobilnya karena teknisi timnya membuat setelan yang bagus. Tetapi sayangnya ban mobil Rio Haryanto bocor 45 menit sebelum perlombaan selesai sehingga harus keluar dari lintasan untuk mengganti bannya.

Setelah ganti ban baru tersebut, Rio langsung menyodok ke posisi kedua tetapi ternyata Rio terlalu cepat mengganti ban mobilnya mengingat pebalap yang lain justru mengganti ban menjelang putaran atau lap-lap akhir supaya bisa maksimal dengan kondisi lintasan yang grip.

Akhirnya pada sesi sore hari ini, Rio Haryanto menemapti posisi kedelapan dari 26 pebalap yang tampil pada tes pramusim ini. "Secara umum Rio Haryanto merasa puas dengan tes yang dilaksanakan hari itu," kata Indah Pennywati.

Setelah tes pramusim di Abu Dhabi ini, Rio Haryanto masih akan menjalani tes pramusim kedua di Bahrain (1-3 April) sebelum tampil pada lomba seri pertama yang juga dimainkan di Sirkuit Sakhir, Bahrain (17-19 April).

Lomba balap mobil GP2 Series 2015 ini dibagi dalam 11 seri. Seri pertama dimainkan di Sirkuit Sakhir, Bahrain (17-19 April), seri kedua di Barcelona, Spanyol (8-10 Mei), seri ketiga di Monte Carlo, Monaco (21-23 Mei), seri keempat di Sirkuit Red Bull Ring, Austria (19-21 Juni), seri keempat di Silverstone, Inggris (3-5 Juli).

Kemudian seri keenam di TBA Jerman (17-19 Juli), seri ketujuh di Budapes, Hongaria (24-26 uli), seri kedelapan dimainkan di Spa-Francorchamps, Belgia (21-23 Agustus), kedelapan di Sirkuit Monza, Italia (4-6 September), kesepuluh digelar di Sochi, Rusia (9-11 Oktober), sedangkan terakhir atau kesebelas dimainkan di Yas Marina, Uni Emirat Arab (27-29 November). (AY)

.

Categories:Autosport,
Tags:,