Disnak Jabar Targetkan Latih 400 Peternak

Disnak Jabar Targetkan Latih 400 Peternak

Ilustrasi.(Foto:Net)

Bandung - Dinas Peternakan Jawa Barat menargetkan setiap tahun bisa memberikan pelatihan kepada 400 peternak supaya mereka mempunyai keahlian untuk meningkatkan produksi ternaknya.


"Kami telah melakukan pelatihan di aspek hilirnya terhadap peternak. Memang kita belum memberikan dampak stimulus terhadap pencetakan lapangan kerja baru," kata Kepala Dinas Peternakan Jawa Barat Dodi Firman, di Bandung, Selasa (10/3/2015).

Ia mengatakan dengan dibuatnya pelatihan tersebut para peternak bisa menurunkan ilmunya kepada orang lain sehingga bermanfaat membuka peluang usaha baru serta menambah produksi peternakan di Jawa Barat.

"Kalau kami istilahkan, pelatihan ini MLM (Multi Level Marketing). Jadi kami memberikan pelatihan kepada para peternak yang sudah berjalan, nanti dia yang akan menyebarluaskan apa yang sudah dilatih oleh kita," kata dia.

Menurut dia, saat ini pihaknya tidak bisa memberikan bantuan secara langsung lantaran dana bantuan hibah ditunda terlebih dahulu berdasarkan aturan dari pemerintah pusat.

"Jadi kami melakukan pelatihan, peternak yang ikut pelatihan itu akan menjadi kontak person andalan," ucap dia.

Dikatakan dia, selama ini pelatihan bagi para peternak dilakukan di balai Pelatihan Cikole, Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

"Di kawasan tersebut para peternak bisa belajar langsung ilmunya di tempat pengolahan. Ya semacam studi banding," kata Dodi.

Pihaknya menargetkan pelatihan hingga 2.000 peternak di Jawa Barat sehingga dapat membuka lapangan pekerjaan baru. (AY)
.

Categories:Bandung,