Lee Berharap Dapat Ikuti Olimpiade 2016

Lee Berharap Dapat Ikuti Olimpiade 2016

Lee Chong Wei. (Net)

Kuala Lumpur - Pebulutangkis andalan Malaysia Lee Chong Wei berharap dirinya akan dapat menggikuti Olimpiade 2016, demikian dilaporkan pada Rabu (11/3/2015), menyusul pengumuman bahwa persidangannya akan dilangsungkan pada bulan depan.

"Mudah-mudahan ini akan segera berakhir... Saya menantikan berita positif. Periode kualifikasi Olimpiade dimulai pada 1 Mei dan saya berharap dapat mengikutinya," demikian ucapannya seperti dikutip surat kabar Star.

Asosiasi Bulu Tangkis Malaysia mengatakan pada Selasa bahwa persidangan Lee akan dilangsungkan di Amsterdam pada 11 April, di mana pengacara sang atlet akan mengajukan sejumlah dokumen kepada panel Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) yang berisi tiga orang.

Lee memenangi medali perak Olimpiade keduanya di London pada 2012 setelah menjalani pertarungan berat dengan seteru abadinya Lin Dan.

Lee, yang merupakan salah satu atlet papan atas Malaysia, berharap dapat meneruskan rivalitasnya dengan dua petenis Tiongkok Lin serta Chen Long, ketika ia berupaya untuk memenangi medali emas Olimpiade untuk pertama kalinya bagi Malaysia.

Lee sebelumnya telah menyuarakan kecemasan baha ia tidak akan pernah merealisasikan mimpinya untuk menjadi juara dunia dan Olimpiade.

Meski selama bertahun-tahun telah memuncaki daftar peringkat pebulutangkis dan mencapai lima final kejuaraan dunia dan Olimpide, ayah satu anak ini belum pernah memenangi dua gelar utama cabang olahraga bulu tangkis.

Lee diskors dari kompetisi setelah diinformasikan oleh BWF pada Oktober bahwa ia gagal melewati uji obat-obatan pada kejuaraan dunia tahun lalu. Ia menghadapapi skors maksimal dua tahun jika dinyatakan bersalah.

Lee menyebut skors yang diterimanya sebagai sesuatu yang membuatnya sedih. "Lima bulan terakhir begitu sulit. Saya masih kesulitan menghadapi fakta bahwa saya gagal menjalani tes doping. Penantian (persidangan) telah mengikis mental," ucapnya.

Lee terbukti positif untuk obat anti radang dexamethasone yang dilarang pada Kejuaraan Dunia Agustus silam di Kopenhagen, di mana ia kalah dari Chen di final.

Lee (32) yang berkata bahwa dirinya menerima dexamethasone saat menjalani perawatan batang sel untuk cedera paha pada Juli silam, mengungkapkan bahwa ia akan pensiun jika dirinya diskors dua tahun.

Peringkat Lee merosot ke urutan ketiga dunia sejak ia diskors, sedangkan rivalnya Chen kini menghuni peringkat pertama. (AY)

.

Categories:Olahraga,
Tags:olahraga,