Arab Saudi Tarik Duta Besarnya di Swedia

Arab Saudi Tarik Duta Besarnya di Swedia

Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz.

Riyadh  - Arab Saudi telah menarik duta besarnya untuk Swedia dalam penolakan terhadap kecaman Swedia belum lama ini mengenai catatan hak asasi manusia Riyadh, kata Saudi Press Agency pada Rabu (11/3/2015).

Kementerian Luar Negeri Arab Saudi mengumumkan penarikan duta besarnya dari Swedia, sebab Riyadh menganggap pernyataan Swedia belum lama ini bertentangan dengan norma diplomatik.

Pada Februari Menteri Luar Negeri Swedia Margot Wallstrom mencela perlakuan Arab Saudi terhadap pegiat hak asasi manusia dan perempuan.

Pekan ini, menteri luar negeri Arab membela hak asasi Arab Saudi dan mengecam pernyataan Wallstrom, yang menuduh kerayaan di Jazirah Arab tersebut "menghalangi pidatonya dalam pertemuan Liga Arab di Ibu Kota Mesir, Kairo", demikian laporan Xinhua, Kamis pagi.

Wallstrom telah diundang ke pertemuan itu sebagai tamu kehormatan, sebagai pengakuan Swedia atas Palestina pada musim panas lalu.

Pada Rabu, Swedia mengkonfirmasi bahwa kesepakatan senjata yang sudah berlangsung lama dengan Arab Saudi akan dibatalkan, setelah Riyadh menghalangi pidato menteri luar negeri Swedia mengenai hak asasi manusia dalam satu pertemuan Liga Arab.

Swedia, Selasa (10/3), mengumumkan tidak akan membarui perjanjian kerja sama militer dengan Arab Saudi dan secara efektif mengakhiri hubungan pertahanan karena peningkatan kekhawatiran mengenai masalah hak asasi.

"Itu akan berakhir," kata Perdana Menteri Stefan Loefven kepada radio negeri tersebut terkait kesepakatan Arab Saudi-Swedia pada 2005.

Perdana Menteri dari kelompok Sosial Demokrat itu berbicara sehari setelah Menteri Luar Negeri Swedia Margot Wallstrom menuduh Arab Saudi merintangi pidatonya pada pertemuan Liga Arab.

Arab Saudi adalah pembeli terbesar ketiga non-Barat senjata Swedia. Pada 2014, Riyadh membeli peralatan senilai 338 juta kroner (lebih dari Rp400 miliar).

Kesepakatan itu, yang jatuh tempo untuk perpanjangan selama lima tahun pada Mei, telah dikecam di Partai Sosial Demokrat, pimpinan Loefven, sementara mitra koalisi Partai Hijau mereka menentangnya.

Di Stockholm, juru bicara Wallstrom berkata, "Kami telah menerima keterangan bahwa Arab Saudi telah menarik pulang duta besarnya."(Ode)**

.

Categories:Internasional,