Semua Kab/Kota di Jabar Harus Miliki Koperasi pada 2016

Semua Kab/Kota di Jabar Harus Miliki Koperasi pada 2016

Ilustrasi.(Foto:Net)

Bandung - Ketua Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) Wilayah Jawa Barat (Jabar) Rully Indrawan menyatakan, pihaknya menargetkan pada 2016 kota/kabupaten di Jabar sudah ada koperasi yang dapat menyalurkan pupuk bersubsidi.

"Kami targetkan pada 2016 semua daerah di Jawa Barat sudah ada koperasi yang ikut menyalurkan pupuk bersubsidi," kata Rully di Bandung, Kamis (12/3/2015).

Ia menuturkan, penyaluran pupuk bersubsidi melalui koperasi di Jabar baru di Kabupaten Karawang dan Sukabumi.

"Tahun ini ada enam kota dan kabupaten lain yang koperasinya juga sudah menyalurkan pupuk bersubsidi," kata Rully yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Umum Pengurus Pusat Dekopin Bidang Pendidikan, Pelatihan dan Kelembagaan.

Ia mengatakan, Koperasi Unit Desa (KUD) pernah berperan besar dalam menjaga stabilitas harga gabah di tingkat petani dan beras di tingkat konsumen.

Untuk itu, harap dia, KUD dapat dibangkitkan kembali agar persoalan seperti lonjakan harga beras yang terjadi sekarang tidak kembali terjadi.

Namun kondisi KUD termasuk di Jawa Barat saat ini, kata dia, sedang tidak berjalan, karena macetnya pengembalian Kredit Usaha Tani pada masa lalu yang berakibat pembekuan aset KUD oleh perbankan.

"KUD jelas sangat berperan vital dalam pembangunan berbasis pedesaan," katanya. (AY)

.

Categories:Ekonomi,
Tags:,