Tanam Buah Naga Unik dan Susah-susah Gampang

Tanam Buah Naga Unik dan Susah-susah Gampang

Ilustrasi.(Foto:Net)

Bandung – Budidaya buah naga ternyata banyak dilakukan di beberapa daerah di Jawa Tengah. Bahkan budidaya buah ini bisa dikatakan pesat dan menghasilkan bibit berkualitas, untuk dikirim ke berbagai daerah lain.

 

Menurut praktisi dan pengamat pertanian dari Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah, Karyo, menanam buah naga itu gampang-gampang susah. Soalnya, pola penanamannya unik dan tergantung pada kondisi tanah setempat.

 

“Untuk menanam buah naga kita harus menggali tanah berbentuk bujur sangkar dengan diameter 50 centimeter, serta kedalamannya berkisar 50 centimeter. Uniknya lubang yang sudah kita gali itu harus dilengkapi dengan batang beton dengan tinggi 2 meter, dan ditanam ke tanah sepanjang 50 centimeter di tengahnya. Batang itu berfungsi untuk menopang rambatan pohon buah naga. Tanah untuk menanamnya pun tidak menggunakan tanah biasa melainkan pasir untuk serapan akarnya,” jelas Karyo saat dijumpai, Kamis (12/03/2015).

 

Perkembangan dan pertumbuhan tanaman buah naga sangat ditentukan oleh suhu, sinar matahari, dan tanah di daerah itu. “Tanaman atau pohon buah naga harus ditanam di tanah yang langsung tersinari matahari. Tanaman ini juga tidak boleh ditanam di tanah yang suka tergenang air. Beberapa point ini penting untuk pertumbuhan buah naga. Banyak pohon buah naga tumbuh besar, namun tidak berbuah karena faktor penanaman yang salah,” papar Karyo.

 

Pohon buah naga cocok ditanam di daerah yang panas, sifat pertumbuhan pohon ini membesar dengan cara merambat dan naik, sesuai dengan acuan pijakan untuk merambat. Semakin tinggi batang untuk acuan merambat, makin tinggi pula pertumbuhan pohon buah naga tersebut. Saat ini bibit buah naga yang berkualitas baik, kebanyakan dibawa dari daerah Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. (Jr.)**

.

Categories:Bandung,
Tags:bandung,