Separo Warga Desa Belum Punya Akta Kelahiran

Separo Warga Desa Belum Punya Akta Kelahiran

Mobil Disdukcapil keliling yang siap melayani pembuatan akta kelahiran. (Foto : ADE)

Bandung - Program pembuatan akta kelahiran gratis yang dilaksanakan Pemkab Bandung, ternyata belum bisa diserap dengan baik oleh masyarakat desa. Misalnya, di Desa Sukarame, Kecamatan Pacet, Kabupaten Bandung, separo atau 50 persen warganya masih belum memiliki akta kelahiran, padahal secarik surat ini sangat diperlukan untuk administrasi kependudukan di masa depan.

 

Menurut aktifis Karang Taruna Desa Sukarame, Kecamatan Pacet, Kabupaten Bandung, Engkus, banyaknya warga yang belum memiliki surat akta kelahiran, karena proses pembuatannya terbilang cukup lama. Belum lagi ada beberapa syarat administrasi lain yang harus dipenuhi.

 

“Jadi, berkas administrasi bisa dilanjutkan ke pembuatan akta kelahiran jika sudah lengkap dan tidak ada masalah. Pembuatan akta kelahiran memang memakan waktu lama, apalagi ikut program pembuatan akta kelahiran gratis, bisa menunggu hingga 3 bulan.

Namun saat ada program buat akta gratis banyak warga yang masih menunggu, karena akta belum keluar dari Disdukcapil Kab. Bandung. Padahal sudah hampir 5 bulan,” ucap Engkus di Desa Sukarame, Jl. Cijagong, Pacet, Kabupaten Bandung, Kamis (12/03/2015).

 

Di Desa Sukarame, Kecamatan Pacet, Kabupaten Bandung, banyak warga belum mengetahui ada surat akta kelahiran itu sangat penting bagi seseorang. Akta itu bisa dijadikan syarat untuk mendaftar sekolah, bekerja atau khendak menikah.

 

“Warga di sini masih awam tentang pentingnya punya e-KTP, akta kelahiran, jadi mereka malas untuk mengurus atau membuatnya. Apalagi harus berlama-lama dan ribet untuk menyiapkan syaratnya,” papar Engkus.

 

Warga berharap, program pembuatan akta kelahiran gratis bisa rutin digelar dalam beberapa bulan sekali. Dengan adanya mobil pencatatan sipil keliling membuat warga tidak usah repot-repot mengurus, dan datang ke kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kab. Bandung. (Jr.)**

.

Categories:Bandung,
Tags:bandung,