Cimahi Siapkan Rp 200 Juta untuk Tiga CCTV

Cimahi Siapkan Rp 200 Juta untuk Tiga CCTV

ilustrasi. (Net)

Cimahi- Pemerintah Kota Cimahi mengalokasikan anggaran Rp200 juta dari APBD 2015 untuk pengadaan tiga Closed Circuit Television (CCTV) di tiga titik jalur Lalu Lintas Kota Cimahi.

"Anggarannya sebesar Rp200 juta, itu sudah mencakup kelengkapan CCTV lainnya," kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Cimahi Erik Yudha kepada wartawan di Cimahi, Jumat (13/3/2015).

Ia menuturkan, tiga CCTV itu akan dipasang di Jalan Melong kawasan Simpang, Jalan Gatot Subroto dan Jalan Kolonel Masturi kawasan Pasar Atas.

CCTV yang dipasang itu, kata dia, bukan hanya merekam bentuk visual tetapi dilengkapi juga dengan sistem pengeras suara yang dapat dikontrol langsung di operator pusat.

"Pengeras suara itu untuk mengingatkan masyarakat yang melanggar, seperti kendaraan berhenti sembarangan oleh kita dari pusat pemantau bisa diingatkan," katanya.

Ia menuturkan, Kota Cimahi masih membutuhkan banyak CCTV untuk dipasang mengawasi seluruh ruas jalan, khususnya jalur rawan kemacetan.

Pihaknya akan berupaya memenuhi ideal CCTV di Kota Cimahi secara bertahap, yakni setiap tahun dianggarkan untuk pengadaan tiga CCTV.

"Kita akan terus menambah tiga CCTV setiap tahunnya di beberapa titik lainnya," katanya.

Ia menjelaskan, keberadaan CCTV itu akan membantu personel Dinas Perhubungan yang terbatas jumlahnya untuk mengawasi arus lalu lintas agar lancar dan nyaman.

Selain itu, kata dia, untuk membantu kinerja institusi lain termasuk dinas dalam menganalisis persoalan yang berkaitan dengan jalan raya, juga untuk memantau keamanan jalan raya dari tindakan kriminal.

"Keberadaan CCTV ini untuk membantu kepolisian memantau keamanan di jalan raya dari tindakan kriminal," katanya. (AY)

.

Categories:Bandung,
Tags:cimahi,