Juventus Melawat ke Markas Palermo

Juventus Melawat ke Markas Palermo

Ilustrasi.(Foto:Net)

Milan- Juventus melawat ke markas Palermo pada Sabtu (14/3/2015) sambil berupaya mempertajam keunggulan mereka di puncak klasemen Liga Italia, namun dengan satu mata menatap pada upaya mengamankan tiket menuju perempat final Liga Champions.

Gol telat dari Paul Pogba mengamankan kemenangan yang didapat dengan susah payah oleh juara Italia itu atas Sassuolo pada pekan lalu, dan membantu Juventus memperbesar keunggulan mereka atas AS Roma menjadi 11 angka ketika pasukan Rudi Garcia kembali harus menelan hasil imbang.

Dengan satu tangan terlihat telah menggenggam "scudetto" untuk keempat kalinya secara beruntun, fokus saat ini bagi pasukan Allegri adalah mencapai delapan besar kompetisi klub elit Eropa.

Juve bertemu Borussia Dortmund di Stadion BVB pada pekan depan dengan tekad mempertahankan keunggulan 2-1 yang didapat pada pertandingan pertama putaran 16 besar di Turin, ketika mereka berupaya mencapai delapan besar kompetisi itu untuk pertama kalinya dalam rentang waktu dua tahun.

Meski Palermo cukup tangguh di kandang sendiri -- satu-satunya kekalahan mereka adalah saat takluk 0-4 dari Lazio September silam -- Allegri diperkirakan akan memiliki kaki-kaki yang segar untuk pertandingan Rabu.

Penyerang Argentina Carlos Tevez jarang dibangku cadangkan, namun Fernando Llorente dan Alvaro Morata keduanya sedang tampil bagus dan pemain Prancis Kingsley Coman kembali masuk tim setelah sempat cedera pada pekan lalu.

Meski Pogba akan absen karena menjalani skors, pertahanan Juve mendapat dorongan moral dengan kembalinya Andrea Barzagli menyusul absennya dia selama delapan bulan karena cedera.

Barzagli tampil sebentar saat timnya meraih kemenangan atas Sassuolo pada pekan lalu, dan diharapkan dapat pulih total tepat waktu untuk lawatan ke Dortmund.

"Kami harus positif, ada semua hal untuk dipertaruhkan dan kami akan pergi ke sana (Dortmund) dengan sedikit keunggulan," kata sang pemain.

Hasil imbang pekan lalu di markas Chievo merupakan hasil imbang kedelapan Roma dari sembilan pertandingan liga dan Sampdoria, yang menang 2-0 atas Cagliari pada pekan lalu ketika Samuel Eto'o mencetak gol perdananya untuk klub, tidak akan memiliki ketakutan saat bermain di Stadio Olimpico.

Kontras di kedua klub tidak dapat lebih tajam lagi.

Pelatih Sinisa Mihajlovic sangat bergembira dengan kembalinya naluri mencetak gol bagi Eto'o setelah mengawali musim dengan susah payah, sedangkan Garcia berupaya membangun kembali kepercayaan diri di tengah-tengah merosotnya penampilan anak-anak asuhannya.

"Saya tidak suka menonjolkan seseorang, namun saya gembira dengan Eto'o sebab ia berada dalam perjalanan kembali," kata Mihajlovic. "Ia merupakan pemain hebat dan ia merupakan seseorang yang selalu dapat membuat perbedaan." Garcia berada di bawah sorotan, di mana para penggemar sekarang mencemaskan posisi tim kesayangannya dapat diambil alih oleh rival sekota Lazio serta Napoli -- keduanya hanya terpaut empat angka dari Roma.

"Tidak akan sulit bagi kami untuk bermain lebih baik daripada yang kami lakukan Minggu lalu," kata Garcia secara ironi pada Rabu, menjelang hasil imbang 1-1 dengan Fiorentina pada pertandingan pertama putaran 16 besar Liga Europa.

Kubu Lazio menyebut kebangkitan mereka merupakan hasil dari absennya mereka dari kompetisi Eropa, meski demikian pasukan Stefano Pioli belum dapat dikatakan memainkan sepak bola terbaik di Liga Italia.

"Tim Biru Langit" menaklukkan Fiorentina dengan skor 4-0 pada pekan lalu, yang menggarisbawahi potensi ancaman dari Antonio Candreva dan Felipe Anderson -- serta tekad Lazio untuk finis di peringkat kedua.

Dengan serangan terbaik urutan kedua di liga (47 gol) dan pertahanan terbaik urutan ketiga (kemasukan 27 gol), Lazio melawat ke Torino dengan kepercayaan diri pada Minggu, sambil berharap dapat memberikan kekalahan kedua di pekan ini kepada "Granata" menyusul kekalahan 0-2 di Liga Europa dari Zenit pada Kamis.

Napoli, tanpa kemenangan di liga dalam dua pertandingan, seharusnya juga memiliki kepercayaan diri tinggi ketika mereka melawat ke markas Verona pada Minggu, beberapa hari setelah menang 3-1 atas Dynamo Moscow di Liga Europa berkat trigol Gonzalo Higuain.

Sementara itu, Inter Milan dan rival sekota AC Milan meneruskan perjuangan untuk memangkas selisih dengan zona kualifikasi Eropa.

Inter menjamu Cesena tiga hari setelah kalah 1-3 dari lawannya di 16 besar Liga Europa Wolfsburg, sedangkan Milan melawat ke markas Fiorentina sambil mengincar kemenangan tandang ketiga mereka musim ini.

Jadwal pertandingan Liga Italia (semua waktu dalam GMT) Sabtu Palermo vs Juventus (17.00), Cagliari vs Empoli (19.45) Minggu Atalanta vs Udinese, Genoa vs Chievo, Sassuolo vs Parma (semua dimainkan pukul 14.00 GMT), Verona vs Napoli (17.00), Inter vs Cesena (19.45) Senin Fiorentina vs AC Milan, Torino vs Lazio (keduanya dimainkan pukul 18.00), Roma vs Sampdoria (20.00). (AY)

.

Categories:Sepak bola,
Tags:sepak-bola,