Yuuk... ke Festival Purwakarta - Gianyar Besok

Yuuk... ke Festival Purwakarta - Gianyar Besok

ilustrasi. (Net)

Purwakarta - Pemkab Purwakarta akan menggelar Festival Purwakarta - Gianyar di Purwakarta, Sabtu (14/3. Pekan lalu, Pemkab Purwakarta sukses menggelar Festival Purwakarta - Cirebon.

Festival itu berlangsung di Halaman Bale Maya Datar, sebelah selatan Alun-alun Purwakarta pada pukul 19.30 WIB. Pada ajang itu, akan digelar lakon sendratari Prabu Siliwangi. Selain itu, kesenian khas Sunda akan dibawakan oleh para seniman dari Gianyar.

Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi mengatakan, ide menggandeng Gianyar ke festival tersebut karena menurutnya, Gianyar memiliki budaya yang otentik dan dikenal luas ke mancanegara.

"Bali itu hari ini dianggap sebagai daerah yang berhasil membangun identitas budaya Indonesia secara baik. Sehingga kebudayaan Bali punya karakter tersendiri dan kemudian dikenal luas," ujarnya.

Bahkan, katanya banyak kalangan budayawan di Bali yang menganggap bahwa kebudayaan Sunda itu merupakan saudara tua kebudayaan Bali. "Lalu saya bertemu dengan beberapa tokoh Bali, dan mereka sangat menghormati kebudayaan Sunda. Tidak hanya itu, mereka juga menganggap Sunda kakak kebudayaan Bali," ujarnya. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,