Kujang Raksasa Dipamerkan di Gedung Sate

Kujang Raksasa Dipamerkan di Gedung Sate

Kujang dari batu alam pecahkan rekor MURI. (Foto : ADE)

Bandung – Kujang raksasa yang dipamerkan di acara Gelar Wirausaha Baru Jawa Barat cukup menarik ribuan orang untuk melihatnya. Replika kujang yang terbuat dari bebatuan alam asli Jawa Barat ini memiliki tinggi sekitar 2 meteran, dengan bentuk unik karena terbuat dari lempengan beragam jenis batu mulia setebal 8 milimeter yang berasal dari beberapa kabupaten di Jawa Barat 

 

Menurut ahli Geologi dan bebatuan alam, Sudjatmiko, pembuatan replica kujang ini dilakukan kurang dari satu bulan.

 

“Replika kujang dari bebatuan ini ide pembuatannya jauh sebelum batu mulia khas Indonesia booming atau trend sekarang ini," ‎katanya pada acara Gelar Wirausaha Baru di halaman Gedung Sate, Jl. Diponegoro No. 22, Kota Bandung, Sabtu (14/03/2015).

 

Sudjatmiko menambahkan, kujang batu mulia yang bentuknya mirip dengan kujang pusaka warisan budaya kebanggaan masyarakat Jawa Barat ini terbuat dari perpaduan beragam jenis batu mulia.

 

“Batu mulia penyusun kujang ini ditemukan dalam formasi batuan gunung api yang umumnya berusia 5 juta hingga 25 juta tahun. Batu yang digunakan terdiri dari Jasper Merah, Jasper Bergambar, Jasper Kuning, dan Kalsedon Ungu dari daerah Tasikmalaya Selatan dan Garut. Batu Kalsedon Ungu dan Opal Biru dari Sukabumi Selatan umurnya 10 juta tahun,” tambahnya.

 

Untuk ide pembuatan replica kujang dari batu mulia sudah dicanangkan Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Jawa Barat, Anton Gustoni sejak 2 tahun lalu. Replica ini berhasil.(Ode)**

.

Categories:Unik,
Tags:unik,