Ribuan Warga Mengungsi, 300 ha Hutan di Chile Terbakar

Ribuan Warga Mengungsi, 300 ha Hutan di Chile Terbakar

Ribuan Warga Mengungsi, 300 ha Hutan di Chile Terbakar.

Chile - Pemerintah Chile mengumumkan keadaan darurat negara menyusul kebakaran yang melanda hutan di dekat Kota Valparaiso. Akibatnya, ribuan orang terpaksa diungsikan karena asap semakin menyelimuti permukiman di dekatnya.

"Sedikitnya 4.500 orang telah diungsikan dan 10.000 orang lainnya siap dipindahkan dalam waktu dekat," demikian diungkapkan Kementerian Dalam Negeri Chile seperti dikutip dari BBC, Sabtu (14/3).

Api mulai membakar dekat lokasi penimbunan sampah ilegal di Valpariso, pada Jumat 13 Maret sore waktu setempat. Namun, karena angin kencang, kobaran api meluas ke hutan. Badan Penanganan Darurat Chile memperkirakan lahan seluas sekitar 300 hektar telah terimbas kebakaran.

Agar kobaran api tidak meluas, regu pemadam kebakaran telah dikerahkan di sekitar Kota Valparaiso dan Kota Vina del Mar. Sejauh ini, 3 petugas pemadam dilaporkan mengalami cedera. Sementara seorang perempuan berusia 67 tahun meninggal dunia akibat infeksi saluran pernapasan.
Daerah sekitar Kota Valparaiso pernah mengalami kebakaran pada April 2014 lalu. Pada saat itu, insiden tersebut menewaskan sedikitnya 15 orang, mencederai lebih dari 500 orang, dan merusak sedikitnya 3.000 rumah.

Komunitas warga miskin merupakan yang paling parah terkena bencana tersebut, karena rumah mereka terbuat dari kardus dan kayu yang mudah terbakar. Bahkan, beberapa orang ditemukan meninggal di dalam rumah-rumah itu. (Jr.)**
.

Categories:Internasional,
Tags:bencana,