Badai Siklon Pam Luluhlantakkan Kepulauan Vanuatu

Badai Siklon Pam Luluhlantakkan Kepulauan Vanuatu

Ilustrasi.(Foto:Net)

Port Villa - Kepulauan Vanuatu, sebuah negara kecil di Pasifik Selatan dihantam Badai Siklon Pam, mendeklarasikan status darurat, Minggu (15/3/2015). 

"Pemerintah menetapkan status darurat untuk seluruh wilayah negara," kata juru bicara Badan Bencana Nasional Vanuatu Paulo Malatu pada AFP.  "Sedikitnya enam orang dilaporkan meninggal dunia di Port Villa dan 20 orang luka-luka," katanya. 

Pemerintah Vanuatu telah mengevakuasi ribuan warga di Port Villa ke 23 pusat pengungsian. Saat hujan dan angin sedikit mereda satu hari setelahnya, masyarakat mulai keluar dan melihat tempat tinggal mereka semua sudah rusak atau hilang sama sekali. 

Pejabat World Vision, Chloe Morrison mengatakan, aliran listrik belum menyala di seantero Vanuatu. Masyarakat di wilayah pinggiran pulau juga tidak mendapatkan akses air bersih dan komunikasi dengan dunia luar. 

Komunikasi menjadi masalah utama setelah Badai Pam menghantam Vanuatu. Morrison mengaku belum bisa menghubungi 76 stafnya.  "Keadaan di luar sana masih cukup berbahaya. Sebagian besar warga masih bertahan di pengungsian," ucap Morrison. 

Kementerian Luar Negeri mengonfirmasi enam orang warga negara Indonesia yang berada di Vanuatu selamat dari Badai Pam. (Jr.)**

.

Categories:Internasional,
Tags:bencana,